5 Tips Dasar Fotografi dari Fotografer Muda Indonesia

By Natasha Erika, Minggu, 12 Juli 2015 | 17:00 WIB
5 Tips Dasar Fotografi dari Fotografer Muda Indonesia (Natasha Erika)

Ini dia beberapa tips dasar dari fotografer muda, Nurulita dan Raja Siregar, yang cocok dipelajari fotografer pemula. Dalam acara photography coaching clinic 'Capturing Your #EveryDELLife yang diadakan DELL Indonesia, kedua fotografer muda ini memberikan tips utama dan penting dalam fotografi. Enggak cuma teknis, tapi juga sikap yang harus kita miliki. Berikut 5 tips dasar fotografi dari fotografer muda Indonesia.

5 Tips Dasar Fotografi dari Fotografer Muda Indonesia

Yang paling utama dalam menghasilkan foto yang bagus adalah foto tersebut harus memiliki rasa. Menurut Nurulita, foto itu harus punya rasa dan bisa menyampaikan rasa itu dalam hasil jepretan. Itu yang utama karena sebuah foto harus punya jiwa. Dan, kita pasti bisa melihat, kok, mana foto yang menyampaikan rasa, mana yang tidak.

Buat yang lagi liburan, pasti pengin mengabadikan tempat liburan dengan foto yang kece, dong? Nah, ada tips dari Raja Siregar, nih, selaku fotografer alam. Ketika pengin foto alam terutama di Indonesia, hindari foto antara pukul 11.00 sampai 14.00 WIB karena matahari tepat berada di atas kita. "Mungkin agak sorean setelah foto agar cahayanya lebih bagus."

Nurulita sebagai fotografer yang sering mendapat proyek foto komersial memberi saran jitu ketika kita pengin foto model. "Bikin model nyaman. Kenalan sama model, berinteraksi dan selalu memberi komplimen." Jadi, bukan skill memotret saja yang dibutuhkan tapi juga skill dalam berkomunikasi.