Begini Gejala Yang Kita Rasakan Kalau Mengonsumsi Beras Plastik

By Natasha Erika, Rabu, 20 Mei 2015 | 17:00 WIB
Begini Gejala Yang Kita Rasakan Kalau Mengonsumsi Beras Plastik (Natasha Erika)

Beras plastik atau beras sintetis lagi ramai dibicarakan karena belum lama ini ditemukan di Bekasi, Jawa Barat. Bagaimana cara mengetahui kalau kita telah mengonsumsi beras plastik? Kalau sebelumnya kita baru makan nasi atau bubur, lalu kita merasa aneh dengan rasa dan baunya, kemudian tiba-tiba merasakan hal ini, bisa jadi kita telah memakan beras plastik. Begini gejala yang kita rasakan kalau telah mengonsumsi beras sintetis berbahan plastik.

6 Ciri Beras Sintetis Berbahan Plastik

Salah seorang yang mengonsumsi bubur yang diduga berasal dari beras sintetis berbahan plastik, Putri Novaliany (27) menceritakan tentang dampak yang ia rasakan. "Saya sempat merasa mual, pusing dan seperti ingin buang air terus," ujar Putri kepada Kompas.com.

Anak Putri, Sony (1,5), juga mengonsumsi bubur tersebut. Sony hanya memakan beberapa suap bubur. Ketika malam, Sony jadi rewel dan perutnya kembung sehingga Putri memberikan obat padanya.

"Dampaknya bisa menyebabkan sakit perut karena masuk benda yang enggak bisa dicerna, karena ini komponen kimia," ujar Kepala Bagian Pengujian Laboratorium Pt Succofindo Adisam kepada Kompas.com.

Kalau kita makan dalam jumlah banyak dan terus menerus dalam jangka panjang, beras plastik bisa memicu kanker.