7 Cara Hati-Hati Saat Online Berdasarkan Serial TV CSI: Cyber

By Ifnur Hikmah, Minggu, 17 Mei 2015 | 17:00 WIB
7 Cara Hati-Hati Saat Online Berdasarkan Serial TV CSI: Cyber (Ifnur Hikmah)

Kegiatan online memang enggak bisa dipisahkan dari kehidupan kita saat ini. Meski memudahkan kegiatan, kita harus ekstra hati-hati ketika online karena ada banyak kejahatan tersimpan di dunia maya. Salah satu serial TV Amrik, CSI: Cyber khusus menyoroti kejahatan-kejahatan yang terjadi di dunia maya. Lewat serial ini, kita bisa belajar banyak tentang cara berhati-hati ketika online agar tidak menjadi korban kejahatan dunia maya.

(Baca juga: Tips Belanja Lewat Online Shop Buat Pemula)

Di salah satu episode, seorang pasien mencari second opinion lewat website kesehatan, lalu membeli obat di apotek online lewat iklan yang ada di website tersebut. Ternyata, website tersebut di-hack oleh seseorang yang menjual obat palsu. Episode ini mengajak kita untuk berhati-hati dan tidak mudah tergoda membuka iklan yang ada di website. Lakukan double check sebelum memastikan membeli sesuatu, terutama hal yang sangat pribadi, seperti obat.

 

Di episode lain, seorang psikopat mencari korban dengan cara melihat status di sosial media. Rutinitas yang di-update terus menerus bisa membuat orang lain yang berniat jahat mengerti pola kehidupan kita dan mencari celah untuk melakukan niat jahatnya. Caranya, tidak mengumbar semua info pribadi, seperti tempat favorit yang selalu didatangi, rute jalan dari rumah ke sekolah, dan tempat favorit kita buat difoto. Info sepele ini bisa jadi info penting bagi orang yang ingin mencelakakan kita.

(Baca juga: Agar Foto Pribadi Kita Aman Dari Ancaman Hacker)

Sekarang, lagi hits memesan kendaraan, seperti taksi atau ojek lewat apps. Salah satu episode menceritakan tentang seorang serial killer nge-hack apps untuk mencari korban yang akan dibunuh. Memang sih hal ini memudahkan kita ketika ingin mencari kendaraan umum, tapi kita harus mengecek si pengendara. Pastikan data si pengendara sama dengan yang tertera di apps. Selain itu, kita juga bisa berbagi info tentang kendaraan tersebut kepada orang lain sehingga ada yang tahu keberadaan kita saat itu.

7 Cara Hati-Hati Saat Online Berdasarkan Serial TV CSI: Cyber