7 Sifat Kartini Yang Wajib Remaja Cewek Teladani

By Natasha Erika, Minggu, 19 April 2015 | 17:00 WIB
7 Sifat Kartini Yang Wajib Remaja Cewek Teladani (Natasha Erika)

Siapa sih yang enggak kenal tokoh pahlawan perempuan Indonesia, RA Kartini? Sebagai sosok yang memperjuangkan hak-hak perempuan, ada beberapa sifat Kartini yang bisa kita tiru, nih. Seenggaknya, ada 7 sifat utama Kartini yang wajib diteladani remaja cewek dari segala jaman.

Kartini juga sosok penyayang terutama kepada anak-anak perempuan didikannya. Ia bahkan pernah mengatakan kepada Nyonya Abendanon kalau ia akan selalu mengasihi anak-anak didiknya itu. Nah, ini sifat yang wajib banget dimiliki oleh para cewek terutama cewek Indonesia yaitu mengasihi orang-orang di sekitar kita. Peka sama orang-orang yang membutuhkan di sekitar kita.

Salah satu permintaan orangtuanya yang ia hormati adalah anak cewek tidak perlu sekolah tinggi-tinggi. Walau punya pemikiran sendiri, Kartini tetap menghormati orangtuanya. Ia enggak lantas membangkang dan ngambek atau bahkan kabur dari rumah. Tapi, pada akhirnya, ia bisa menemukan cara agar bisa mewujudkan mimpinya, kan?

Walau enggak sekolah, Kartini tetap berusaha agar ia bisa menjadi pintar dan berwawasan luas. Ia belajar lewat buku-buku dan suratkabar yang ia baca. Sifat rajin harus melekat sama cewek-cewek. Enggak bakal rugi mempelajari dan mengetahui hal-hal baru yang bisa menambah wawasan kita.

Pasti kita tahu, dong, kalau Kartini itu adalah seorang bangsawan? Tapi... Walau orang terpandang, Kartini enggak mau diperlakukan berbeda dengan rakyat biasa. Ia tetap rendah hati dan enggak sombong dalam kehidupan sosialnya.

Walau banyak hal yang menghalangi cita-citanya, Kartini tetap optimis dan berpikir positif. Ia enggak menyerah dan tetap fokus memperjuangkan hak perempuan untuk bisa memperoleh pendidikan yang sama. Kalau kita punya cita-cita tinggi, kita juga harus berjuang walau beberapa hal menghalangi impian itu.