10 Kebiasaan Belajar Yang Kita Rasakan Ketika Jadi Mahasiswa (Bagian 1)

By Natasha Erika, Rabu, 8 April 2015 | 17:00 WIB
10 Kebiasaan Belajar Yang Kita Rasakan Ketika Jadi Mahasiswa (Bagian 1) (Natasha Erika)

Saat kuliah, kita bakal punya kehidupan yang berbeda dengan kehidupan jaman sekolah. Kalau dulu pakai seragam, saat kuliah kita akan berpakaian bebas. Kalau dulu nulis di buku catatan, saat kuliah mungkin kita akan sering memakai laptop. Nah, kalau soal kebiasaan belajar, kira-kira apa saja yang bakal berubah, ya? Ini 10 kebiasaan belajar yang kita rasakan ketika jadi mahasiswa.

Yap! Waktu nongkrong kita dijamin bakal lebih banyak dibandingkan waktu SMA dulu. Kita bahkan akan sering mencari spot internet di kafe buat mengerjakan tugas.

Nah... Bakal datang momen di mana kita mendadak jadi anak perpus. Biasanya, momen itu datang menjelang UAS alias Ujian Akhir Semester dan pastinya saat momen bikin skripsi. Hi-hi-hi.

Tiba-tiba aja dosen bisa memberikan kelas pengganti di akhir pekan padahal kita udah punya janji nongkrong sama geng kesayangan. Kadang, kalau dosen enggak sempat mengajar di minggu tertentu, ia akan mengganti kelasnya di akhir pekan atau di hari lain.

Saat kuliah, kebijakan umum banyak universitas di Indonesia memperbolehkan kita untuk mengatur jadwal kelas kuliah sendiri. Jadi, kita bisa menyesuaikan jadwal mata kuliah dengan kegiatan lain kita di luar kuliah. Misalnya, bekerja sebagai freelance.