5 Makanan dan Minuman yang Bagus Dikonsumsi Selama Menjalani Ujian Nasional

By Natasha Erika, Selasa, 20 Maret 2018 | 14:00 WIB
Hayo, suka makan apa sebelum ujian? (Natasha Erika)

Ujian sebentar lagi! Persiapan belajar sungguh-sungguh sudah kita lakukan, tapi ada satu hal lain yang enggak boleh kelewatan. Kita harus mengonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk otak kita. Bikin kita makin siap buat mengerjakan ujian. Hmm, apa saja 5 makanan yang harus kita makan sebelum ujian?

Tiga makanan yang cocok dikonsumsi sesaat sebelum ujian dimulai, misalnya di pagi hari atau malam sebelumnya.

Cukup dengan satu cangkir kopi di pagi hari sebelum ujian bisa menambah kekuatan otak kita. Kopi itu bagus untuk meningkatkan kerja otak kita dalam waktu jangka pendek. Tapi, kalau kita enggak suka sama kopi, kita bisa mencoba green tea yang punya fungsi yang sama.

Enggak perlu makan nasi atau makanan berat, cukup dengan makanan ringan yang mengandung karbohidrat dapat meningkatkan konsentrasi kita. Contoh makanannya yang cocok dimakan sebagai sarapan antara lain corn flakes dan susu, roti atau bagel, kentang rebus dengan cheese sauce dan sebagainya.

Eits, bukan berarti kita makan makanan yang manis-manis seperti kue atau permen, ya! He-he-he. Makanan yang bisa membantu daya ingat kita itu harus mengandung glukosa yang menyehatkan tubuh. Kita bisa coba dried fruits, contohnya aprikot dan kismis, yang bisa kita campur dengan yoghurt.

Selain itu, kita juga bisa mendapat glukosa dari buah-buahan manis seperti kiwi, apel, papaya dan sebagainya.

Nah, yang berikutnya adalah dua makanan yang cocok dikonsumsi rutin yang cocok untuk mempertahankan dan meningkatkan daya otak dalam jangka waktu lama.