Bagaimana Begal Beraksi dan Siapa Sasaran Korban Mereka?

By Astri Soeparyono, Minggu, 1 Maret 2015 | 17:00 WIB
Bagaimana Begal Beraksi dan Siapa Sasaran Korban Mereka? (Astri Soeparyono)

Akhir-akhir ini sering mendengar kata begal? Sebenarnya apa itu begal, bagaimana begal beraksi dan siapa sasaran korban mereka? Supaya kita lebih waspada, coba simak ini, deh, girls!

(Baca juga: Tips Menghindari Begal Sepeda Motor)

Begal adalah komplotan perampok. Mereka biasanya beraksi berkelompok, mulai dari dua hingga belasan orang. Target utama mereka adalah kendaraan bermotor, baik motor ataupun mobil. Ketika merampok, mereka cenderung melukai pemilik kendaraan bermotor yang hendak mereka ambil dengan senjata tajam atau pistol.

Bagaimana Begal Beraksi dan Siapa Sasaran Korban Mereka?

Komplotan begal selalu menarget kendaraan bermotor yang sedang melaju. Mereka beraksi minimal empat orang dengan dua motor, boncengan. Ketika beraksi, mereka memakai pakaian rapi agar tidak terlihat mencurigakan.

(Baca juga: Lokasi Rawan Begal di Tangerang, Depok, dan Jakarta)

Setelah menemukan sasaran korban yang sesuai kriteria, mereka akan memepet kendaraan korban dari kanan dan kiri. Mereka akan berteriak menyuruh korban untuk menepi, sambil menghunuskan senjata tajam, mengancam untuk melukai kalau tidak mau menuruti perintah. Setelah korban menepi, mereka akan mengambil kendaraan bermotor milik korban.

 

Menurut pengakuan seorang begal yang tertangkap kepada wartawan Viva.co.id, ada beberapa kriteria sasaran korban begal. Seperti: