Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Pejalan Kaki Saat Melalui Banjir

By Natasha Erika, Senin, 2 Februari 2015 | 17:00 WIB
Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Pejalan Kaki Saat Melalui Banjir (Natasha Erika)

Saat lagi berjalan kaki ke suatu tempat, tahu-tahu ada banjir di depan mata. Kalau kepepet, enggak ada tenaga bantuan dan kita enggak bisa melalui jalan lain selain jalan banjir itu, kita harus tahu beberapa hal dulu nih, girls. Selain gulung celana atau siapin baju ganti, ini hal-hal yang perlu diperhatikan pejalan kaki saat melalui banjir.

Hindari berdiri dan berjalan di arus banjir yang deras. Apalagi kalau tubuh kita kecil yang membuat kita mudah terbawa arus.

Kalau terpaksa berdiri dan berjalan di arus yang deras: Usahakan agar kepala kita selalu menghadap ke depan bahkan agak ke atas. Ini untuk menjaga keseimbangan tubuh kita. Biasanya, saat banjir kita cenderung melihat ke bawah dan memperhatikan apakah ada batu dan benda lainnya atau tidak.

Buatlah diri kita seringan mungkin. Misal, melepas sepatu kita yang berukuran berat seperti boots saat melalui banjir. Ada baiknya, kalau kita ingin berjalan kaki saat musim hujan dan banjir, kita memakai rain boots yang punya bahan ringan dan melindungi kulit kaki kita. Menggunakan alas kaki yang berat akan membuat kita sulit untuk berjalan di tengah banjir.