Cara Melewati Banjir Saat Mengendarai Mobil

By Natasha Erika, Senin, 2 Februari 2015 | 17:00 WIB
Cara Melewati Banjir Saat Mengendarai Mobil (Natasha Erika)

Ini dia cara melewati banjir saat mengendarai mobil. Ada beberapa pengetahuan dasar yang perlu kita ketahui, girls. Apalagi kalau kita terjebak banjir saat menyetir sendiri.

Kita harus mengenali mobil yang kita kendarai. Apakah mobil kita terlalu pendek untuk melalui banjir atau tidak. Misal, mobil model sedan adalah salah satu mobil yang biasanya sulit melalui banjir karena lebih pendek dibanding mobil lain.

Enggak semua banjir bisa diterjang dengan mobil. Hanya banjir ketinggian tertentu saja yang bisa dilalui dengan mobil. Enggak perlu turun dari mobil, kita bisa mengira-ngira bagaimana ketinggian banjir tersebut dari dalam mobil. Kalau kita mengira ketinggian banjir sekitar 25 cm atau bahkan kurang, maka mobil masih boleh melaluinya. Seenggaknya, ketinggaan banjir paling maksimal atau paling dalam bisa dilalui mobil adalah 50 cm. Lebih dari 50 cm, mobil bisa terapung. Ingat! Semakin ke tengah, banjir akan semakin dalam. Jadi, perhitungkan ketinggiannya dari area tengah banjir, ya...

Kalau kita udah biasa jalan di jalan tersebut, pastinya kita lebih kenal sama struktur jalanannya. Di mana ada lubang besar atau ada polisi tidur dan sebagainya. Siapa tahu gundukan atau lubang itu tertutup oleh banjir. Nah, kalau kita kurang familiar dengan jalan itu, kita bisa mencoba memperhatikan dulu gimana mobil-mobil di depan kita melalui jalanan banjir tersebut. Kalau mobil di depan berhasil, kita bisa mengikuti pola berkendaranya.