6 Kasus Pesawat Hilang Secara Misterius dalam Sejarah

By Astri Soeparyono, Kamis, 19 April 2018 | 13:15 WIB
6 Kasus Pesawat Hilang Secara Misterius dalam Sejarah (Astri Soeparyono)

Kasus hilangnya pesawat bukan baru sekali terjadi. Sejarah mencatat setidaknya ada 6 kasus hilangnya pesawat yang hingga kini belum terpecahkan. Apa saja kasus itu? Simak informasi yang dirangkum Mirror.co.uk ini.

(Baca juga: Memperkirakan cuaca buruk dari bentuk awan)

Salah satu penerbang pionir Amerika Serikat, Amelia Earhart, menghilang bersama pesawat yang dikemudikannya, Lockheed Electra, pada 2 Juli 1937. Ia bersama navigatornya, Fred Noonan, hilang ketika berupaya terbang mengelilingi dunia.

Earhart, yang juga merupakan perempuan pertama yang terbang melintasi Samudra Atlantik, hilang di sekitar Pulau Howland, Samudra Pasifik. Hingga kini, pesawat yang diterbangkan Earhart belum ditemukan.

Ada banyak teori terkait hilangnya Earhart. Teori sederhana menyatakan bahwa pesawat yang diterbangkannya kehabisan bahan bakar dan jatuh ke laut. Sementara itu, ada yang mengatakan bahwa ia adalah mata-mata untuk Franklin D Rosevelt dan akhirnya tertangkap oleh Jepang.

Ada lagi yang menyatakan bahwa pesawat jatuh di sebuah pulau di Jepang, dan Earhart tewas di sana. Yang lain menyatakan, Earhart selamat dan pindah ke New Jersey serta berganti nama. Selain itu, tentu saja, ada yang mengatakan bahwa Earhart diculik alien.

(Baca juga: Pesawat dan kapal yang hilang di Segitiga Bermuda)

6 Kasus Pesawat Hilang Secara Misterius dalam Sejarah

Glenn Miller pernah menunjukkan keahlian menerbangkan pesawat di Inggris bersama Angkatan Bersenjata Amerika Serikat pada musim panas tahun 1944.

Ia menghabiskan malam terakhir hidupnya di Milton Ernest, dekat Bedford, 14 Desember 1944. Hari berikutnya, ia terbang menuju Paris, tetapi tak pernah sampai. Ia dinyatakan hilang di Selat Inggris.