7 Kebiasaan Buruk Menggunakan Smartphone (Bagian 1)

By Astri Soeparyono, Senin, 22 Desember 2014 | 17:00 WIB
7 Kebiasaan Buruk Menggunakan Smartphone (Bagian 1) (Astri Soeparyono)

Teknologi memberikan kita banyak kemudahan. Tapi tanpa disadari kita jadi punya kebiasaan buruk dengan gadget. Ini dia 7 kebiasaan buruk menggunakan smartphone.

(Baca juga: 5 Fakta Penting Soal Texting While Driving)

 

Untuk menunggu kantuk, banyak dari kita buka-buka smartphone. Kita pun tertidur dan smartphone 'terdampar' di samping bantal. Enggak sedikit juga dari kita yang menggunakan smartphone sebagai alarm bangun tidur dan meletakkannya di pinggir tempat tidur. Adanya smartphone di dekat kita saat tidur itu sangat enggak sehat. Ada energi listrik yang bisa menggangu ketenangan tidur.

Belum lagi kalau smartphone -nya enggak dimatikan, layar bisa tiba-tiba menyala dan menggangu kita. Matikan smartphone kita, lalu letakkan smartphone beberapa meter dari tempat tidur agar tidur lebih berkualitas. Atau kita bisa menyetel power off dan on smartphone secara otomatis, misalnya hape akan mati pada pukul 12 malam dan akan menyala pada pukul 5 pagi.

(Baca juga: Jam 9 Malam Saatnya Matikan Handphone)

 

7 Kebiasaan Buruk Menggunakan Smartphone (Bagian 1)

Saat kita nongkrong dengan teman-teman, tangan kita enggak bisa lepas dari smartphone. Sesekali kita melirik terus ke layar, siapa tahu ada pesan atau info yang menarik muncul di situ. Kebiasaan ini membuat acara mengobrol atau hangout dengan teman jadi terganggu, lho. Sekali aja ada satu orang yang melirik ke smartphone, dijamin teman yang lain bakal menyusul.

Acara nongkrong bareng jadi enggak maksimal, nih! Mulai sekarang coba deh, bikin aturan, saat lagi nongkrong dengan teman, tetapkan 10 menit pertama kita boleh sibuk dengan smartphone. Setelah itu, pasang setting silent dan masukkan ke dalam tas. Nikmati, deh, saat kita bertatapan muka dengan sahabat kita.