4 Jenis Gangguan Menstruasi pada Remaja

By Marti, Kamis, 11 Desember 2014 | 17:00 WIB
4 Jenis Gangguan Menstruasi pada Remaja (Marti)

Girls, sering mengalami gangguan atau ketidaknormalan saat menstruasi? Contohnya, siklus menstruasi yang enggak rutin dan kacau? Coba kita cari tahu dulu 4 jenis gangguan menstruasi pada remaja, yuk.

Jenis gangguan menstruasi ini terjadi pada cewek yang mengalami datang bulan lebih dari 7 hari. Selama itu, darah menstruasi yang keluar pun dalam jumlah banyak bahkan sangat banyak hingga disebut sebagai heavy period. Kelainan ini bisa memicu penyakit anemia.

Kita enggak bisa memprediksi kapan datangnya menstruasi kita. Terkadang bisa lebih cepat, tapi bisa juga lebih lama. Jenis gangguan menstruasi ini dapat mengganggu hormon cewek dan tingkat kesuburan cewek. Tapi, kelainan ini merupakan hal yang wajar terjadi pada tahun pertama cewek mengalami datang bulan.

Siklus menstruasi cewek itu rutin setiap bulan. Apabila kita sering enggak mendapat menstruasi rutin setiap bulan dan lebih dari 3 bulan sekali mendapat menstruasi itu artinya kita mengalami Amenorrhea.Gangguan ini muncul karena stres dan diet berlebih. Dampaknya, cewek jadi sulit hamil karena enggak berovulasi.