10 Fakta Soal Cewek, Remaja, dan HIV/AIDS (Bagian 1)

By Astri Soeparyono, Rabu, 10 Desember 2014 | 17:00 WIB
10 Fakta Soal Cewek, Remaja, dan HIV/AIDS (Bagian 1) (Astri Soeparyono)

Cewek dan remaja sering ada dalam posisi yang rentan saat berkaitan dengan HIV/AIDS.  Bekali diri dengan sebanyak mungkin informasi supaya terhindar dari risikonya.

(Baca juga: Arti di Balik Pita Merah alias Red Ribbon)

Menurut data yang dikeluarkan oleh PBB, memberikan pengetahuan dan edukasi soal HIV/AIDS bisa mengurangi remaja terhindar dari penyakit ini. Lewat program Global Campaign for Education, paling enggak ada sekitar 700.000 remaja selamat dari infeksi HIV setiap tahunnya.

Cewek memang lebih peduli dalam mencari info dibandingkan cowok. Data dari PBB menunjukkan kalau ada sekitar 73% cewek yang melakukan perawatan HIV dibandingkan cowok yang hanya 57%.

Dibandingkan cowok, cewek perlu mendapatkan perhatian besar dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS. Soalnya cewek punya kemungkinan menularkan HIV pada anaknya pada saat hamil, melahirkan atau menyusui.

(Baca juga: Mitos-mitos Soal Penyakit Menular Seksual)

Menurut UNAIDS, cewek umur 15-24 tahun adalah kelompok yang paling rentan terkena infeksi HIV dengan angka dua kali lipat dibandingkan cowok umur yang sama. Ini terjadi terutama di negara berkembang karena 2/3 dari cewek umur 15-24 tahun sudah menikah sebelum umur 18 tahun.