3 Syarat Sukses Belajar Kelompok

By Muti Siahaan, Senin, 2 Maret 2015 | 17:00 WIB
3 Syarat Sukses Belajar Kelompok (Muti Siahaan)

Belajar kelompok adalah salah satu cara belajar yang menyenangkan, apalagi kalau kita tipe cewek procastinater (yang suka menunda-nunda pekerjaan). Karena dengan belajar bersama yang lain, kita mau enggak mau akan mengerjakan tugas atau mempelajari bab yang harus kita pelajari saat itu juga. Kalau sendirian, kan mau belajar jam berapa pun, kita sendiri yang menentukan.

Ada kalanya kita terpaku pada satu pembahasan. Udah dibaca berulang kali tetap aja enggak mengerti. Kalau punya teman belajar, kita tinggal tanya teman kita. Bahkan satu masalah bisa jadi satu bahan diskusi yang menarik. Biasanya kalau dengan diskusi, materi pelajaran jadi lebih cepat masuk ke dalam otak. Belajar pun jadi lebih cepat kan? Simak 3 syarat sukses belajar kelompok, ini, deh!

(Baca juga: Tips Belajar Sesuai Zodiak)

Hati-hati dalam memilih teman untuk belajar kelompok. Usahakan jangan terlalu banyak, karena nanti kesannya seperti belajar di kelas. Sebaiknya enggak lebih dari lima orang.

(Baca juga: 4 Kebiassan Buruk Yang Mengganggu Belajar)

Saat memilih teman kelompok , tiap-tiap orang sebaiknya punya keahlian yang berbeda-beda jadi bisa saling melengkapi. Misalnya, si A jago dalam matematika, B jago dalam hafalan sejarah, C jago dalam bahasa Inggris.

(Baca juga: Cara Belajar Efektif Tanpa Stress)