4 Fenomena Cuaca Paling Unik & Misterius di Dunia

By Marti, Rabu, 31 Januari 2018 | 14:10 WIB
Fenomena Cuaca Paling Unik Dan Misterius Di Dunia (Marti)

Bumi kita pernah terjadi fenomena cuaca paling unik dan misterius di dunia. Fenomena ini sangat langka dan menakjubkan. Dan tertangkap oleh kamera amatir. Apa saja ya fenomena cuaca paling unik dan misterius di dunia?

Roll cloud atau gulungan awan, merupakan tipe awan Arcus. Bentuk awan ini berupa gulungan, tabung panjang, memanjang dan rendah dari bentuk awan lainnya. Awan ini biasanya memanjang atau horizontal yang panjangnya bisa berpuluh kilometer menjuntai di atas langit.

Gerakannya sangat cepat dan mudah mengganti posisi. Salah satu awan tipe ini yang paling terkenal adalah awan Morning Glory di Queensland, Australia. Yang terjadi selama 10 hari pada bulan Oktober.

Fenomena awan tsunami pernah mengejutkan dunia bulan Febuari 2012 lalu. Saat itu, kota Florida mengalami awan uniknya di daerah pinggir pantai.

Seperti yang dikutip dalam The Daily Mail, pilot helikopter Mike Schaeffer yang baru saja menyelesaikan tur di Panama Beach City, Florida, enggak sengaja melihat fenomena alam ini dari atas helikopternya.

Ilusi cahaya matahari merupakan salah satu fenomena alam yang disebabkan oleh pantulan cahaya. Ilusi ini beberapa kali tertangkap kamera salah satunya September 2006 lalu di Green Bay, Wisconsin, Amerika Serikat.

Saat cahaya matahari terpantul dengan kristal es yang mencair di lapisan bumi, terjadi seksi hexagonal yang saling bertabrakan sehingga kita melihat bayangan matahari seperti terdapat 3 matahari utuh di langit.

Efek ini seperti proses pembentukan pelangi, hanya saja ilusinya terlihat jelas pada pantulan matahari.