Foto Kota Saat Perang dan Masa Kini

By Marti, Selasa, 8 April 2014 | 16:00 WIB
Foto Kota Saat Perang dan Masa Kini (Marti)

Tahun ini adalah tahun mengenang mulainya perang dunia pertama, tahun 1914 lampau. Lebih dari 16 juta tentara dan masyarakat sipil meninggal, dan lebih dari 20 juta penduduk kehilangan rumah dan orangtua. Perang dunia pertama dianggap ahli sejarah sebagai konflik manusia paling mematikan. Supaya kita bisa mengenang dan terus menggalakan kedamaian. Intip foto-foto kota saat perang yang digabung dengan foto masa kini dalam website Mashable.

Di foto lama ini, terlihat pertarungan pertama terjadi. Para tentara sedang beristirahat sambil berjaga-jaga melindungi kota dan masyarakat sipil di hall kota Vareddes, Perancis. Dari serangan tentara Jerman di Perancis, 1914.

Ini adalah foto keadaan kota dalam keadaan perang selama satu tahun. Kita bisa melihat banyak bangunan yang hancur akibat tembakan peluru dari senapan api serta bom tentara Jerman. Yang lebih bikin sedih, patung yang dianggap sangat bernilai tinggi, Virgin in Somme, rusak dan hampir jatuh dari atas bangunan tempatnya berdiri.

Kalau pernah melihat bangunan stasiun kereta api Roye di TV, pasti enggak nyangka. Saat perang dulu, bangunan ini enggak luput dari serangan musuh. Untungnya saat ini, pemerintah membangun kembali stasiun dan menjadikannya sebagai salah satu situs bersejarah yang dilindungi dan tetap digunakan pengguna kereta api.

Jalan main square (Pas-de-Calais), saat perang dunia pertama terjadi hancur lebur akibat serangan bom. Di kota ini enggak ada bangunan satupun yang selamat termasuk gedung walikota dan the belfry of Arras.

Bangunan bersejarah, Rheims Catedral, ternyata di bombardir musuh pada 30 April 1917. Bangunan ini hancur lebur dan menyebabkan para biarawan dan biarawati kehilangan tempat berlindung. Ironisnya, bangunan ini seharusnya aman dari serangan musuh, dan menjadi salah satu tempat berlindung warga sipil.