6 Hobi Yang Bikin Pintar Otak

By Marti, Rabu, 12 Maret 2014 | 16:00 WIB
6 Hobi Yang Bikin Pintar Otak (Marti)

Enggak semua hobi dianggap buang-buang waktu dan tenaga. Ada beberapa hobi, yang justru bisa menambah kepintaran otak kita. Apa saja sih?

Kita selalu penasaran untuk mempelajari bahasa asing, kebudayaan dan negara tersebut? Kalau kita suka mempelajari hal ini, kita akan menambah kemampuan bahasa kita. Secara enggak sengaja kita akan termotivasi untuk mendalami budaya dan sejarah negara tersebut.

Belajar bahasa juga membantu meningkatkan kemampuan otak. Dan menolong kita lebih mudah menyelesaikan tugas karena otak kita terlatih saat belajar bahasa. Kita akan merasakan kemampuan otak semakin tajam dan mudah menghapal beberapa hal sekaligus.

Buat yang hobi main games, enggak usah pesimis anggap hobi kita negatif. Permainan video games, memang ada yang berdampak buruk buat remaja karena pengaruh kekerasannya. Tapi, juga ada permainan yang bisa mengasah otak kita.

Beberapa penelitian menyebutkan, hobi bermain video games dapat meningkatkan koordinasi tangan dan mata. Koordinasi ini sangat berguna dalam kegiatan sehari-hari. Video games juga melatih kemampuan membuat keputusan kita lebih kritis dan menyelesaikan suatu tugas yang sulit dengan mudah dan realistik.

Semua orang suka bermain puzzles. Menghubungan kepingan puzzle menjadi satu gambar utuh dapat menstimulasi kemampuan berpikir dan intelejensi otak. Enggak hanya bikin pintar, kita juga bisa melatih tingkat fokus dan konsentrasi lebih baik. Para ahli menegaskan, puzzle adalah rutinitas sederhana yang bisa mengurangi kemunduran otak orang tua.

Hobi lain yang paling diminati orang banyak adalah mengkoleksi sesuatu. Mengumpulkan sesuatu seperti koin, perangko atau benda lainnya, membantu kita memahami sejarah disekitar kita. Atau kalau kita hobi mengumpulkan benda seperti serangga, kita secara enggak sengaja terlatih menjadi ahli biologi.