Ubur-ubur Paling Cantik di Dunia

By Astri Soeparyono, Kamis, 23 Mei 2013 | 16:00 WIB
Ubur-ubur Paling Cantik di Dunia (Astri Soeparyono)

Hewan yang hidup di laut ini merupakan binatang laut yang termasuk dalam kelas Scyphozoa. Selain itu, ternyata ubur-ubur merupakan makhluk yang paling indah dan tidak biasa di kehidupan air. Di bawah ini ada beberapa ubur-ubur yang paling indah di lautan di dunia.

Dikenal sebagai ubur-ubur Kristal, penampilan spesies ini tidak berwarna dan transparan. Ubur-ubur yang bisa ditemui di pantai barat Amerika Utara ini memiliki tentakel yang mengandung nematocysts yang membantu dalam menangkap mangsa. Selain itu, protein dalam ubur-ubur ini berguna sebagai solusi penyakit Alzheimer.

Ubur-ubur yang dinamakan sebagai tawon laut ini merupakan yang paling berbahaya, beracun, dan bergerak lebih cepat. Karena bentuknya agak kotak, penampilan ubur-ubur ini juga terlihat seperti mutan karena adanya beberapa bola mata yang ada di perut.

Berada di Kutub Utara, ubur-ubur ini bari ditemukan 10 tahun yang lalu. Banyak perhatian untuk ubur-ubur ini karena kemiripannya mencolok dan mirip dengan Darth Vader. Empat tentakelnya pun beracun dan merupakan ubur-ubur yang sangat lincah.

Karena penampilan anehnya, nama lain dari ubur-ubur ini adalah stauromedusae. Bentuk dari hewan ini seperti terompet, sehingga menjadi ubur-ubur yang unik karena tidak memiliki pergantian fase polip dan siklus hidupnya langsung ke bentuk dewasa.

Ubur-ubur ini adalah sepesies langka dan umumnya berukuran kecil. Ia memiliki sengatan yang sangat menyakitkan tapi tidak mematikan. Penampilannya yang mencolok ini membuat ubur-ubur ini banyak didekati ikan yang merupakan mangsanya sendiri.