Kucing Unik dan Langka

By Astri Soeparyono, Sabtu, 11 Mei 2013 | 16:00 WIB
Kucing Unik dan Langka (Astri Soeparyono)

Salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia ini disukai karena punya sifat menggemaskan dan lucu. Di antara ribuan kucing lucu di dunia ini, beberapa kucing terbilang unik dan langka. Tapi kucing-kucing ini enggak bisa kita pelihara, girls!

(Baca juga: Spangles Kucing Bermata Juling Yang Hobi Banget Selfie)

Kucing Pallas atau kadang disebut Manul hanya seukuran kucing domestik, tapi lebih berat karena bulunya yang padat. Yang membuat kucing ini berbeda adalah matanya yang bulat dan celah gigi yang lebih sedikit. Selain itu, wajahnya pun relatif lebih datar. Habitat kucing ini ada di Eropa Timur sampai Siberia. Mulai berkembang sekitar 12 juta tahun yang lalu, Manul dianggap sebagai spesies kucing tertua di dunia, dan sekarang agak susah untuk ditemukan.

Selain kucing Pallas, kucing ini lebih jarang terlihat. Habitatnya hanya ada di pegunungan Bolivia, Peru, Argentina, dan Chili. Karena suka di tempat yang tinggi, kucing ini bisa dilihat di atas pohon. Populasi kucing berbuntut panjang ini hanya sekitar 2500 ekor di dunia.

Kalau dilihat dari rupanya, kucing ini memang seperti macan, tapi Margay seperti kucing rumahan pada umumnya, Karena memiliki kaki yang agak panjang, kucing ini merupakan pemanjat pohon yang baik. Tersebar di wilayah Meksiko dan Brazil, spesies ini mulai terancam dan sudah jarang terlihat. Suka berburu di malam hari dan bersmbunyi di hutan hujan.

(Baca juga: Penemuan Spesies Baru Kucing Liar di Brasil)