Negara-Negara Kecil yang Indah

By Astri Soeparyono, Minggu, 5 Mei 2013 | 16:00 WIB
Negara-Negara Kecil yang Indah (Astri Soeparyono)

Kalau selama ini kita hanya tahu negara-negara yang besar seperti Eropa, Asia, dan Amerika Serikat, ternyata di belahan dunia ini ada lho negara kepulauan yang enggak kalah indah dari negara lainnya. Tempatnya memang terpencil, tapi masih bisa dijadikan tempat wisata untuk kita yang mempunyai jiwa berpetualang!

Dulunya, dikenal dengan nama Kepulauan Ellice. Negara kepulauan yang terletak diantara Hawaii dan Australia. Tuvalu dibatasi dengan 9 karang yang terdapat di Polynesia. Negara ini merdeka pada tahun 1978 dan dihuni sekitar 12.000 orang.

Republik San Marino merupakan negara terkecil kelima di dunia. Terletak di gunung Titano sebelah utara Italia, negara ini mempunyai 29.000 penduduk. Negara ini pun mengklaim sebagai negara tertua di Eropa.

Negara ini terletak di tepi Sungai Rhein diantara negara Austria dan Swiss. Walaupun kecil, tetapi negara ini terkenal dengan jasa perbankan yang mereka punya. Selain itu, negara ini mengandalkan pendapatannya dari penjualan perangko.

Terletak di kepulauan Karibia, negara ini baru merdeka pada tahun 1983. Negara ini merupakan negara terkecil di Amerika dengan 39.000 penduduk. Saint Kitts adalah tempat persinggahan dan perkampungan pertama bagi Inggris dan Perancis.

Dikenal dengan sebutan 'Pulau Bumbu' karena Grenada merupakan penghasil pala terbesar kedua setelah Indonesia. Terletak di bagian selatan Kepulauan Windward, Karibia, total penduduk di negara ini sebanyak 90.000 jiwa.