4 Toko Buku Legendaris Yang Gulung Tikar

By Astri Soeparyono, Sabtu, 27 April 2013 | 16:00 WIB
4 Toko Buku Legendaris Yang Gulung Tikar (Astri Soeparyono)

Beberapa toko buku memang bertahan dan jadi legenda karena keunikannya. Tapi enggak selamanya usaha toko buku berhasil mendulang sukses. Banyak juga di antara mereka yang gulung tikar dengan berbagai sebab. Aww... Sedih, deh dengarnya.

 

Setelah berjuang selama 34 tahun, akhirnya tahun 2007 kemarin toko buku misteri terbesar di dunia tutup. Hal ini disebabkan karena harga sewa yang semakin lama semakin tinggi. Selain itu, kompetisi dengan jaringan toko buku besar serta online retailers menyebabkan Murder Ink tidak lagi bisa bertahan.

Sepertinya kemajuan internet berdampak besar pada matinya toko buku di mancanegara. Loome'menjadi salah satu korbannya. Desember 2007 lalu, toko buku ini terpaksa gulung tikar akibat tidak dapat bersaing dengan Amazon dan peredaran e-book di internet yang harganya jauh lebih murah dibandingkan printed books.

Akhir 2008, travel bookstore yang ada di kawasan Washington ini juga ikut-ikutan tutup. Alasannya tak lain karena terus-terusan merugi. Alhasil, di kota itu, enggak ada lagi tersisa travel bookstores. Kabar buruk bagi pecinta traveling.