Choose Your Bra Smartly

By Astri Soeparyono, Minggu, 10 Maret 2013 | 16:00 WIB
Choose Your Bra Smartly (Astri Soeparyono)

Di usia remaja kaya kita sekarang, payudara mulai dan terus tumbuh, jadi penting banget memakai mini set atau bra yang tepat. Karena kalau penyangganya enggak tepat, akan tumbuh dengan bentuk yang enggak bagus alias turun. Jadi mulai sekarang jangan cuma memerhatikan modelnya yang lucu tapi juga bahan dan kenyamanannya saat kita pakai.

 

Jenis Bra

Saat mulai tumbuh, wajib gunakan training bra (mini set) agar pertumbuhannya terjaga. Bila sudah cukup besar, langsung gunakan bra. Karena masih tumbuh dan ukurannya  belum terlalu besar, enggak usah pakai bra kawat. Yang penting full cup dan bisa menyangga payudara dengan baik. Saat olah raga gunakan sport bra yang enggak berangka agar mengurangi guncangan pada payudara dan lebih nyaman saat bergerak.

Ukuran Bra

Saat beli bra jangan malas mencoba langsung. Karena memakai bra berukuran pas itu penting banget. Bra yang pas itu cup-nya menutup tiga perempat payudara kita (tidak ada yang timbul), enggak kopong, enggak bikin sesak berlebihan, enggak menonjolkan lemak di punggung, dan enggak ikut terangkat saat kita mengangkat kedua tangan ke atas.

Ukuran bra ditentukan oleh lingkar tubuh bagian dada dan besarnya payudara. Lingkar tubuh bagian dada titunjukan dengan angka 32, 34, 36 dan seterusnya dalam ukuran Amrik, dan 75, 80, 58 dan seterusnya dalam ukuran Eropa.  Ini bisa ditentukan dengan mengukur lingkar dada (hingga ujung puting) menggunakan meteran lalu memasukannya ke rumus ini:

( Ukuran lingkar dada + 5cm) : 2 = ukuran bra yang tepat.

Bila hasilnya desimal, bulatkan pada bilangan genap terdekat.

Sedangkan ukuran cup ditunjukan dengan huruf A, B, C dan seterusnya. Cara paling tepat mengetahuinya adalah dengan mencobanya.

 

Tali Bra