Belanja Barang Second, di Sini!

By Astri Soeparyono, Senin, 27 Agustus 2012 | 16:00 WIB
Belanja Barang Second, di Sini! (Astri Soeparyono)

Buat kita pecinta fashion vintage, belanja di pasar yang jual produk-produk fashion second pasti selalu jadi pilihan. Mau tahu di mana aja tempat-tempat paling ngetop buat belanja barang second di Indonesia?

Pasar Senen, Jakarta Pusat

Semua pecinta baju second pasti enggak asing dengan Pasar Senen. Bahkan beberapa toko online yang suka menjual barang-barang fashion vintage juga suka mengambil barangnya dari pasar ini, lho. Mungkin karena kualitas barang di sini memang masih bagus dan layak pakai banget.

Terdiri dari dua lantai, kita bisa dapetin aneka produk fashion, dari dress, jaket, celana, jam, kacamata, kemeja, sampai sepatu dengan harga murah. Untuk harga kaus misalnya, bisa kita dapetin mulai dari harga Rp10.000. Tinggal pinter-pinter nawar, kita bisa pulang dengan banyak baju (bekas) baru.

 

Pasar Gedebage, Bandung

Bandung memang terkenal dengan Factory Outlet-nya yang banyak. Tapi, coba deh mampir ke daerah pinggiran Bandung, tepatnya pasar Gedebage. Di sini kita bisa nemuin banyak banget produk fashion second dengan kualitas bagus. Lokasinya yang ada di terminal angkutan umum Gedebage emang sering banget didatengin pelajar, mahasiswa, dan warga Bandung lainnya yang tertarik dengan produk fashion second.

Di akhir pekan dan musim liburan, pasar ini akan lebih ramai lagi didatengin turis domestik yang dateng ke Bandung. Areanya yang terbuka dan agak panas, ternyata  enggak bikin para pecinta barang second nyerah mencari barang-barang fashion di tumpukan-tumpukan yang ada. Mulai dari tas, jaket, jas, kemeja flannel, dress, sampai rok bisa kita temuin di sini mulai dari harga Rp10.000. Enggak usah kaget kalau nantinya kita jadi rebutan rok vintage cantik sama teman kita di pasar ini.

 

Pasar lereng, Bukit Tinggi

Suka ikut mengantar mama kita belanja keperluan rumah tangga di pasar ini? Kita bisa mampir juga di area penjualan produk fashion secondnya. Letaknya enggak jauh dari kios penjual nasi kapau (coba tanya penjual di situ pasti tahu deh).  Dari kejauhan pun, kita bakal bisa lihat jajaran toko yang nawarin aneka pakaian second dengan kualitas yang layak pakai banget.

Kita mungkin akan bingung milih aneka produk fashion second yang digelar di atas tikar, dipajang di etalase, hingga digantung. Tapi kalau teliti dan beruntung, kita bisa dapetin kaus, kemeja, jeans, hingga jaket keren dengan harga yang relatif murah. Mama kita bisa kaget ngeliat kita yang tiba-tiba bawa banyak kantung belanjaan sendiri. He-he-he.