Cara Membersihkan Makeup yang Benar Supaya Enggak Jerawatan

By Astri Soeparyono, Rabu, 25 April 2018 | 03:00 WIB
membersihkan wajah, wajib! Biar kulit selalu sehat terawat (foto: dok. i.ndtvimg.com) (Astri Soeparyono)

Setelah tampil cantik dengan makeup di wajah, jangan lupa untuk membersihkannya. Jangan sampai kita melewatkan kegiatan yang satu ini karena kulit wajah kita juga perlu istirahat, gals! Terutama saat di malam hari, jangan sampai kita tertidur dengan makeup yang masih menempel di wajah, ya, karena bisa menyumbat pori-pori dan memicu iritasi. Tapi, membersihkan makeup juga enggak sembarangan, lho. Yuk, cari tahu caranya yang benar!

(Baca juga: Buat Si Kulit Berminyak, Ini 5 Cara Supaya Bedak Lebih Awet di Wajah Kita)

Jangan kira membersihkan wajah dari makeup cukup dengan mencuci wajah aja. Sebelumnya kita perlu memakai makeup remover terlebih dahulu.

Kalau langsung mencuci wajah kita, justru makeup yang ada pada wajah kita akan menghambat keluarnya kotoran yang ada pada pori-pori wajah kita.

(Baca juga: Hindari 8 Kebiasaan Ini Kalau Enggak Pengin Rambut Jadi Cepat Lepek!)

Area di sekitar mata merupakan area yang sensitif, jadi kita enggak bisa asal dalam membersihkan riasan di sekitar mata. Selain memilih produk yang aman, ada cara tersendiri dalam membersihkan riasan mata.

Untuk menghapus eyeliner dan maskara, gunakan cotton bud yang udah dibasahi dengan makeup remover dan usapkan secara perlahan dengan mata dalam kondisi tertutup.

Sedangkan untuk menghapus eyeshadow, kita bisa menggunakan kapas. Diamkan selama 1 menit agar makeup remover bisa menyerap dengan baik. Lalu gerakkan cotton bud atau kapas secara lembut ke arah bawah untuk menghapus makeup secara keseluruhan. Gunakan cotton bud atau kapas yang baru untuk menghapus riasan mata lainnya.

(Baca juga: Yuk Ketahui Jenis Blush On yang Cocok untuk Jenis Kulit Kita!)

Menghapus makeup dengan makeup remover belum membuat kulit wajah kita bebas dari makeup seluruhnya. Gunakan milk cleanser dan dilanjutkan dengan toner.

Tetapi, pemakaian toner ini hanya dianjurkan untuk kita yang memiliki kulit yang berminyak karena fungsi toner selain mengangkat sisa makeup juga bisa menghilangkan minyak pada kulit wajah kita.