Cantik Dengan Si Buah Tomat

By Astri Soeparyono, Jumat, 25 Oktober 2013 | 16:00 WIB
Cantik Dengan Si Buah Tomat (Astri Soeparyono)

Tomat, buah yang enggak mengenal musim ini sangat gampang kita jumpai. Enggak cuma enak dan menyehatkan untuk dikonsumsi tapi buah tomat ini memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kita, lho! Banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya membuat buah tomat sangat bagus untuk perawatan kulit wajah kita. Jadi, enggak ada salahnya mencoba masker wajah yang berbahan dasar tomat.

 

Menyembuhkan jerawat 

Kotoran dan minyak berlebih pada wajah menjadi penyebab timbulnya komedo dan jerawat pada wajah kita. Kandungan asam pada buah tomat bisa membantu kita untuk mengatasinya. Untuk kita yang memiliki jerawat ringan, bisa langsung menempelkan irisan buah tomat pada wajah. Sedangkan untuk kita yang memiliki masalah jerawat yang ebih parah, haluskan 2 buah tomat dengan blender hingga bertekstur seperti bubur dan oleskan pada wajah, diamkan selama 1 jam lalu bilas dengan air hangat.

 

Mengecilkan pori-pori 

Meskipun enggak instan, tapi tomat bisa membantu kita mengecilkan pori-pori wajah dengan cara membersihkan pori-pori dari kotoran dan menggantikannya dengan nutrisi yang terdapat di dalam buah tomat. Untuk hasil yang lebih maksimal, campurkan tomat yang sudah dihaluskan dengan 1 sdm air jeruk nipis. Lalu gunakan kapas untuk mengoleskannya pada wajah, pijat-pijat dengan dengan gerakan melingkar dan tunggu 15 menit sebelum membersihkan wajah.

 

Mengatasi kulit yang terbakar 

Tinggal di negara tropis membuat kita enggak bisa menghindar dari matahari. Sering kita merasa perih karena kulit yang terbakar sinar matahari. Untuk mengurangi peradangan kulit ini, kita bisa menggunakan campuran tomat dan yogurt yang bisa mendinginkan dan menetralkan permukaan kulit. Caranya, parut setengah buah tomat dan campurkan 2 sdm yogurt kemudian oleskan pada kulit wajah kita yang terbakar, bilas setelah 20 menit. Cara ini bisa kita gunakan di bagian tubuh lain selain di wajah, lho gals...

 

Mengurangi produksi minyak