Kebiasaan Buruk yang Merusak Rambut

By Astri Soeparyono, Rabu, 20 Maret 2013 | 16:00 WIB
Kebiasaan Buruk yang Merusak Rambut (Astri Soeparyono)

Rambut rusak enggak cuma bisa disebabkan oleh bahan-bahan kimia yang terkandung di setiap produk rambut. Beberapa kebiasaan-kebiasaan kecil yang tanpa kita sadari sering kita lakukan juga bisa merusak rambut indah kita, lho! Ada baiknya kita mengetahui kebiasaan-kebiasaan yang bisa berdampak negatif bagi rambut kita untuk mencegah rambut rusak.

mengikat rambut sering kita lakukan agar kita bisa tampil lebih rapi. Tapi, kalau terlalu sering mengikat rambut bisa membuat kulit kepala tegang dan stress, apalagi kalau kita mengikatnya dengan kencang. Rambut kita bisa rontok dan kita akan sering merasa pusing. Lebih baik istirahatkan rambut sekali-sekali dengan tidak mengikatnya. Kalau memang kita harus mengikat rambut, sering-seringlah mengganti titik ikat rambut kita biar enggak terjadi tekanan di tampat yang sama. Hindari juga mengikat rambut saat rambut kita masih basah, ya. Hal tersebut bisa mengakibatkan rambut kita patah.

 

rambut basah sehabis keramas kadang membuat kita merasa enggak nyaman. Hair dyer pun menjadi solusinya. Tapi penggunaan hair dryer yang terlalu sering juga bisa membahayakan rambut, lho. Rambut jadi lebih rapuh dan mudah patah. Apalagi jika kita mengeringkan rambut saat rambut kita terlalu basah. Lebih baik tunggu hingga rambut kita lembab dan enggak terlalu basah dengan cara tepuk-tepuk rambut dengan lembut atau bungkus rambut terlebih dulu selama beberapa saat dengan menggunakan handuk, barulah gunakan hair dryer. Penggunaan hair dryer sebaiknya dengan suhu yang tidak terlalu panas dan enggak lebih dari 20 menit.

 

idealnya, kita mencuci rambut 2-3 hari sekali. Jika terlalu sering atau dilakukan setiap hari, minyak alami yang ada di kulit kepala kita akan ikut hilang. Minyak alami rambut berfungsi untuk melembabkan kulit kepala kita biar enggak kering dan selalu sehat. Keramas setiap hari hanya disarankan untuk kita yang memiliki kulit kepala berminyak. Kalau enggak, kita bisa mencuci rambut dengan air aja tanpa menggunakan shampoo.