Raisa: Cerita Seru di Bangku Kuliah

By Astri Soeparyono, Jumat, 2 Mei 2014 | 16:00 WIB
Raisa: Cerita Seru di Bangku Kuliah (Astri Soeparyono)

Kalau sebagian remaja merasa takut dan deg-degan ketika akan masuk ke dunia kuliah, Raisa punya banyak cerita seru di bangku kuliah. Apa aja? 

(Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Yang Lulusannya Gampang Dapat Kerja)

 

"Aduuuh..kuliah itu seru banget. Aku paling suka masa kuliah, karena akhirnya aku bisa mempelajari apa yang aku pengin. Waktu SMA kan kita dipaksa buat suka semua pelajaran. Misalnya kita sukanya Ekonomi dan belum tentu suka Sejarah, tapi tetap harus dipelajari dua-duanya. Kita bisa milih bidang yang kita mau tanpa dikontrol oleh orang lain juga, terutama orangtua, ya." 

"Kuliah itu jadi penting karena ketika kuliah kita enggak belajar ilmunya, but how we study on our own two feet. Kita diajarin buat jadi lebih mandiri. Kalau waktu SMP atau SMA pasti kalau belum ngerjain tugas, guru-guru yang 'ngejar' kita kan. Tapi waktu kuliah udah enggak ada lagi yang kayak gitu. Pas kuliah kita juga diajari buat berpikir secara dewasa dan gimana caranya survive sampai lulus nanti." 

(Baca juga: Kuliah Gratis Dengan Beasiswa)

"Satu, kita bisa pelajari hal yang kita suka. Lalu kedua, banyak project yang membuat kita harus keluar kampus dan meneliti sendiri atau bareng-bareng teman kampus. Bikin makalah dan presentasi yang jarang kita lakukan waktu SMA, bisa kita rasain waktu kuliah."