Dating Seru di Pulau Seribu

By Astri Soeparyono, Rabu, 1 Mei 2013 | 16:00 WIB
Dating Seru di Pulau Seribu (Astri Soeparyono)

Melepas bayi penyu ke laut lepas sama pacar? Uhhh, selain menyelamatkan alam, itu pasti akan jadi momen enggak terlupakan bareng pacar.

 

Karena di Pulau Seribu terdapat penangkaran penyu, kita bisa membantu melepas anak penyu alias tukik ke laut. Kegiatan ini biasanya dilakukan pagi hari sebelum matahari terbit. Wii, romantis kan? Kalau enggak sempat melepas penyu, kita juga bisa mengenal berbagai jenis penyu yang hidup di kepulauan Seribu, di penangkaran penyu di Pulau Pramuka ini.

Tak kenal maka tak sayang. Kita kenali dulu para penghuni laut dengan diving. Kalau belum punya sertivikat diving, snorkeling juga seru, kok. Di Kepulauan Seribu ada banyak spot yang memiliki keindahan bawah laut. Seperti di perairan Pulau Semak Daun, Pulau Sepanggang, dan lain-lain. Tinggal meminta pemilik perahu untuk mengantar kita ke sana. Selama perjalanan ke tempatnya, kita bisa menikmati pemandangan indah kepulauan sama pacar, deh.

Terumbu karang dan mangrove penting untuk ekosistem laut.  Di Pulau Pramuka, kita bisa membantu menanam terumbu karang dan tanaman mangrove di media yang sudah disediakan. Menanam terumbu karang itu enggak jauh beda dari menancapkan batang tanaman di tanah, lho. Bedanya, kita menancapkan terumbu karang di media tanam reef ball yang telah disediakan di sana.

Sambil jalan-jalan di Pulau Pramuka, kita bisa menambah pengetahuan nama-nama ikan. Soalnya semua jalannya diberi nama berbagai jenis ikan

Salah satu hasil utama pulau seribu adalah ikan bandeng. Di sini terdapat keramba berukuran besar untuk membiakkan ikan bandeng. Kita bisa memberi mereka makan sambil belajar bagaimana memelihara ikan laut di keramba. Pemandangan di Nusa Keramba ini juga bagus untuk foto berdua. Capek jalan-jalan kita bisa makan seafood dan membeli oleh-oleh di rumah makan yang ada di Nusa Keramba ini.