Demi Lovato: Sedih Melihat Penampilan Lady Gaga

By Marti, Selasa, 22 April 2014 | 16:00 WIB
Demi Lovato: Sedih Melihat Penampilan Lady Gaga (Marti)

Demi Lovato akhirnya kembali membicarakan perasaannya pada kasus yang sempat bikin sosial media heboh. Bulan Maret lalu, Demi mengkritik aksi Lady Gaga saat tampil di SXSW. Demi merasa sedih, karena menurutnya seorang publik figur seharusnya punya kewajiban menjadi contoh yang baik buat penggemarnya. Tapi, di konser ini Lady Gaga justru menampilkan hal yang sebaliknya.

Saat di atas panggung, Lady Gaga saat itu tampil dengan salah satu seniman bernama Millie Brown. Di tengah aksi mereka, Millie Brown, memasukan seluruh tangannya kedalam mulut agar dia muntah. Millie sengaja muntah di tubuh Lady Gaga.

Lady Gaga saat mempertunjukan aksi muntah di depan jutaan penonton, terlihat menikmati dan merasa penampilannya sangat glamor. Padahal, yang dilakukan Millie ini adalah cara penderita bulimia mengeluarkan makanan dengan muntah. Saat diminta keterangan, Millie dan Lady Gaga mengelak dari kritik negatif. Mereka berusaha meyakinkan masyarakat kalau penampilannya hanya sebatas seni. Apa iya ini termasuk seni?

Melihat aksi Lady Gaga, Demi langsung memposting pendapatnya via Twitter. Demi merasa, penampilan Lady Gaga, justru mempopulerkan bulimia ke remaja. Seakan membawa pesan, kalau memuntahkan makanan adalah wajar. Demi khawatir, remaja atau penggemar Lady Gaga akan membawa arti yang salah. Apalagi Lady Gaga terang-terangan mengajarkan cara muntah dan merasa lebih baik karena hal itu.

"Sedih rasanya...kayaknya kita sudah punya orang yang ngebuat eat disorder menjadi glamor. Di bawah semua itu,  ini enggak ada nilai seninya sama sekali. Aku enggak membencinya. Tapi saat seseorang membawa itu keluar dan mengatakannya dan aku akan menentangnya. Melakukan sesuatu yang menurut kita seni bukan berarti free card untuk melakukan apapun tanpa konsekuensinya," ungkap Demi.

Setelah pertunjukan Lady Gaga melakukan pembelaan dengan membalas Demi, "Aku berjuang melawan eating disorder selama 10 tahun, dan aku menganggap hal ini sangat serius," jelasnya.

Melihat komentar pedas Demi, fans Lady Gaga menyerang Demi. Mereka menganggap Demi yang salah arti atas penampilan Lady Gaga, bahkan Demi di bullying melalui Twitter dengan panggilan gendut. Demi Lovato untungnya berusaha positif. "Seorang aktivis enggak akan berhenti dan diam, kalau enggak ada satu orangpun yang angkat bicara, lalu bagaimana suara kita bisa di dengar?" tulis Demi.

Demi Lovato adalah salah satu seleb yang pernah berjuang melawan Bulimia. Saat tur dengan The Jonas Brothers tahun 2010, Demi dilarikan ke pusat rehabilitasi karena menderita depresi, bulimia, anoreksia dan melukai dirinya sendiri.