Hailee Steinfeld: Pengalaman Di-bully Bikin Makin Kuat

By Astri Soeparyono, Kamis, 19 Desember 2013 | 16:00 WIB
Hailee Steinfeld: Pengalaman Di-bully Bikin Makin Kuat (Astri Soeparyono)

Pernah menjadi korban bullying di sekolahnya ketika SD enggak menjadikan Hailee minder atau malah balas dendam. She stood on her feet and keeps moving on.

 

Hailee sudah masuk nominasi Oscar sejak umurnya masih 14 tahun ketika bermain di film True Grit. Di umurnya yang sekarang sudah mencapai 16 tahun ini, karirnya semakin cemerlang, apalagi setelah dua film-nya yang terakhir, yaitu Romeo and Juliet dan Ender's Game. Di balik track record-nya yang berkilau, siapa yang sangka kalau cewek berbakat satu ini punya masa lalu yang enggak menyenangkan?

Cantik dan berbakat ternyata enggak jadi jaminan buat kita hidup tenang. Hailee Steinfeld contohnya. Ketika masih kelas 3 SD, Hailee sudah mengalami yang namanya bullying dari teman sekolahnya. Hal ini terus berlangsung sampai kelas 6 SD dan Hailee memutuskan harus pindah sekolah.

"Aku selalu menjadi target bullying ketika itu. Kalau boleh dibilang, aku masih mengalaminya sih sampai sekarang, tapi berusaha menghadapinya," aku Hailee. Hailee selalu berusaha untuk membela orang-orang yang mengalami hal serupa dengan dirinya. "Aku ingin selalu jadi orang yang ngomong 'Trust me when I tell you it will be OK' buat mereka," kata cewek pecinta fashion ini.

Hailee juga berpendapat kalau yang suka mem-bully itu selalu tahu apa yang bikin orang lain sakit hati. "Bullies itu suka mengungkit hal yang personal banget buat menindas targetnya. Coba aja kalau mereka pakai kekuatannya itu buat bikin orang lain tersenyum, pasti keadaan akan jadi lebih baik dan enggak perlu memakan korban," ujar Hailee penuh harap. Hebatnya Hailee, dia enggak menjadikan peristiwa bullying itu sebagai batu sandungan, tapi justru menjadi batu loncatan dia untuk makin gencar berkarya di dunia akting. Two thumbs up, Hail!

Pernah punya pengalaman di-bully bikin Hailee pengin berbuat sesuatu bagi para korban bullying lainnya. Maka itu Hailee aktif mendukung Trevor Project, yaitu sebuah gerakan yang melindungi korban bully karena mereka lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT). Hailee tahu banget enggak enaknya di-bully karena hal yang bersifat personal seperti ini, makanya dia mau terjun langsung buat aktivitas ini.

Enggak cuma peduli dengan para korban bullying, cewek yang selalu tampil fashionable ini juga aktif di kegiatan-kegiatan charity. Dia enggak tanggung-tanggung untuk mengumpulkan donasi. Pernah ketika masih syuting True Grit, ia bisa mengumpulkan uang sampai US $350! Waaaah, caranya bagaiman tuh, Hailee? 

"Jadi selama syuting True Grit itu aku punya toples untuk menampung denda semua kru yang melanggar peraturan. Aturannya adalah setiap mengucapkan kata-kata kasar, mereka akan didenda $5. Jadi sampai syuting selesai, ya sebanyak itulah uang yang terkumpul. Hi-hi-hi," ceritanya seru. Hasil denda tersebut akhirnya disumbangkan ke yayasan yang menangani penyakit Alzheimer. Duuuh, kamu baik banget sih!