Lorde: Satu Tahun Yang Mengubah Segalanya

By Marti, Minggu, 24 November 2013 | 16:00 WIB
Lorde: Satu Tahun Yang Mengubah Segalanya (Marti)

Tahun lalu, ketika dia berusia enam belas tahun, dia hanyalah seorang Ella Yelich-O'Connor, remaja biasa dari New Zealand. Sekarang dia adalah Lorde, penyanyi yang sering dibicarakan setelah single debutnya, Royal, membuat namanya melambung. Sekarang, ketika dia berusia tujuh belas tahun, Lorde disebut sebagai salah satu dari 16 most powerful teen versi majalah TIME.

"Tahun lalu aku membuat soundcloud, twitter, dan tumblr dengan nama Lorde. Aku enggak punya gambaran apa yang akan terjadi nanti di karier bermusikku tapi waktu itu aku hanya berharap dapat yang terbaik," ujar Lorde.

Kita memang enggak pernah tahu apa yang akan terjadi nanti. Seperti Lorde yang enggak pernah menduga dia bisa sesukses sekarang di usianya yang masih sangat muda. Meski masih baru memasuki industri musik, Lorde sudah bisa disejajarkan dengan musisi lain yang sudah lebih dulu terkenal.

Ketika merayakan ulangtahunnya yang ke-17 tanggal 7 November lalu, Lorde sengaja menulis di tumblr pribadi miliknya tentang perubahan yang dialaminya semenjak dikenal banyak orang. Lorde merasa sekarang adalah saat yang tepat untuk introspeksi diri, termasuk memikirkan apa lagi yang sebaiknya dia lakukan. "Sekarang aku siap memikirkan projekku selanjutnya, tentang musik, dan karierku," ujar cewek yang suka banget bergaya gothic ini.

Sejak mulai terkenal, Lorde pindah ke New York dan terpaksa tinggal berjauhan dengan keluarganya. Tahun ini menjadi kali pertama dia merayakan ulangtahun sendirian, jauh dari keluarga, termasuk adiknya, Angelo, yang juga ulangtahun di tanggal yang sama.

"Kalau di New Zealand, aku akan merayakan ulangtahun dengan bersenang-senang, tapi sekarang aku berada di New York, dan setiap hari terasa sama, enggak ada yang spesial, bahkan di hari ulangtahun," aku Lorde.

Lorde juga mengingat ulangtahunnya yang ke-16 tahun lalu. Saat itu, dia sedang mengikuti ujian di sekolahnya. Tapi, tiba-tiba saja temannya datang memberi kejutan. "Mereka datang membawa kue lalu kami makan kue bareng. Mereka juga mengepang rambutku dan bercerita tentang Pokemon. Weirdos," ujar Lorde.

Sekarang, di tengah semua kesibukannya yang membuatnya terpaksa merayakan ulangtahun dengan tertidur di taksi, Lorde mengaku sangat merindukan teman-teman dan keluarganya, serta kehidupannya yang dulu.