Henry Lau: Pengin Tampil Beda Lewat Album Solo

By Astri Soeparyono, Senin, 21 Oktober 2013 | 16:00 WIB
Henry Lau: Pengin Tampil Beda Lewat Album Solo (Astri Soeparyono)

Mengeluarkan album solo jadi cita-cita Henry sejak lama. Walau ini album solo tapi dia merasa ini adalah hasil kerja dari teman-temannya juga.

 

Lebih dikenal sebagai anggota Super Junior M, kini Henry tampil memesona dengan album EP Trap. Single jagoannya, Trap, sendiri sudah rilis Juni lalu, featuring Kyuhyun dan Taemin. Berirama pop dance, kita juga bisa menikmati sentuhan musik klasik di lagu ini, yaitu permainan piano Henry yang keren banget di bagian awal. Sampai bikin merinding, deh! Henry memang ingin bikin sesuatu yang unik dari musiknya.

"Aku enggak mau sama dengan orang lain. Banyak orang main piano di atas panggung tapi jarang ada yang nari sambil main piano. Aku mencoba menggabungkannya."

Atas usul dari manajemen, Kyuhyun dan Taemin ikutan tampil di video klip Trap juga, lho, girls. "Aku senang banget waktu ditawarin nyanyi sama Kyuhyun. Dia kan anggota grupku juga. Kita udah saling kenal tapi belum pernah nyanyi berdua di satu panggung," ucap Henry yang senang banget tiap tampil di acara teve bersama kedua temannya ini. Tapi sekali waktu dia sempat deg-degan juga karena Kyuhyun sedang ada di China. Akhirnya dia pun tampil sendirian.

Setelah Trap, 23 Agustus lalu Henry merilis single kedua yang juga merupakan digital album, 1-4-3 (I Love You), yang dinyanyikannya bersama Amber f(x). Lagu ini punya beat yang lebih kencang dan cocok buat nge-dance. Begitu juga dengan tiga lagu lainnya, enggak kalah catchy dengan dua single yang sudah rilis.

Album ini benar-benar menunjukkan sisi Henry yang lain. Selain bernyanyi, cowok kelahiran 11 Oktober ini menciptakan lagunya bersama NoizeBank. Ini merupakan kelompok yang dibentuk Henry bersama tiga temannya (Gen Neo, Neil Nallas dan Isaac Han). Mereka ketemu saat kuliah di Berkeley College of Music, Amrik. Henry memang sempat belajar musik selama empat bulan di sana. Henry ngotot banget, lho, mau kuliah musik.

"Setiap aku di atas panggung bersama Super Junior M, aku sering merasa berat hati. Aku enggak puas menyanyikan lagu orang lain. Aku harus belajar lagi soal musik. Di kampus aku belajar gimana menciptakan lagu. Aku bilang sama mereka (manajemen) kalau aku akan membuat musik yang keren. Awalnya mereka enggak setuju. Tapi aku terus membujuk dan bilang, itu cuma empat bulan. Aku benar-benar menemukan diriku di sana. Tanpa itu, (album) Trap enggak akan lahir," ungkapnya.

 

Sebenarnya, urusan menciptakan lagu bukan hal baru buat cowok asal Kanada ini. Henry pernah menciptakan lagu All My Heart  dan Andante bersama Leeteuk untuk album Super Junior. Dengan NoizeBank dia mengkomposisi beberapa lagu untuk Super Junior M. Oh iya, ada cerita lucu seputar bikin lagu. Henry menyiapkan banyak lagu untuk albumnya ini. Salah satu lagu yang dibuat adalah Love That I Need yang ada di album Jepang, I Wanna Dance, milik Donghae dan Eunhyuk. Saat membuat lagu ini Donghae datang ke tempat Henry dan mendengarkan lagu itu. Dia pengin lagu itu masuk ke albumnya bersama Eunhyuk.