Greyson Chance: Terinspirasi Musik Jadul

By Astri Soeparyono, Kamis, 21 Maret 2013 | 16:00 WIB
Greyson Chance: Terinspirasi Musik Jadul (Astri Soeparyono)

Punya idola lintas generasi bikin musik Greyson jadi lebih berwarna. di EP terbarunya, Greyson memberikan sentuhan folk yang terinspirasi dari salah satu band favoritnya.

Kebiasaan Greyson mendengarkan musik jadul berlangsung sejak dia kecil sampai saat ini. Greyson biasa mendengarkan musik-musik lama lewat piringan hitam. Bahkan dia selalu membawa sekitar 50 buah piringan hitam ketika tur. "I'm really into records players, actually. I love vinyl records. I love putting them on," cerita Greyson.

Musik 1950an sampai 1960an pun jadi favorit Greyson saat hunting piringan hitam. Enggak heran kalau lirik-lirik Fleetwood Mac jadi pengaruh besar dalam EP Truth Be Told Part 1yang baru rilis Oktober 2012 lalu itu. "Mereka salah satu inspirasi terbesar aku dalam pembuatan EP ini," ujar Greyson.

 

Band legendaris asal Liverpool, The Beatles, memang digandrungi banyak orang, termasuk Greyson. Greyson sendiri mengagumi komposisi lirik dan musik yang diciptakan The Beatles."Aku ingin membuat sesuatu yang enggak hilang termakan waktu, seperti yang dibuat oleh The Beatles," kata Greyson yang merupakan penggemar berat John Lennon ini.

Kecintaannya pada The Beatlesdiatunjukkan dengan memunculkan nama idolanya ini dalam lagu California Sky.Dua bait lirik lagu itu bercerita tentang Greyson dan cewek yang disukainya menyanyikan lagu Hey Jude milik The Beatles bersama dan tentang Greyson yang mendengarkan The Beatles melalui headphone miliknya.

"The Beatles menginspirasiku dalam banyak hal. Bait lagu 'I put my headphones on and went right to The Beatles, looked out the windows' adalah tentang memikirkan seseorang saat aku travelling dan mendengarkan lagu yang bagus di pesawat," cerita Greyson soal lirik lagunya.

Lagu Leila yang diiringi instrumen gitar pun terinspirasi dari The Beatles. "Lagu favoritku di EP ini adalah Leila. It's very Beatles inspired," ungkapnya.

 

Kecintaan Greyson pada musik oldies enggak bikin dia menutup telinga dari musik masa kini. Coldplay adalah band yang Greyson jadikan panutan dalam bermusik. Coldplay juga jadi inspirasi Greyson sejak pembuatan album pertama sampai sekarang.