Daniel Radcliffe's Broadway Career

By Astri Soeparyono, Minggu, 14 Agustus 2011 | 16:00 WIB
Daniel Radcliffe's Broadway Career (Astri Soeparyono)

Dan kembali lagi ke panggung teater, nih. Dulu Dan pernah tampil dalam pertunjukan panggung teater The Play What I Wrote (2002), dan Equus (2007&2008) lalu. Jadi sebenarnya Dan sudah berpengalaman. Tapi kali ini dia memutuskan untuk ikut tampil dalam sebuah teater musikal berjudul How To Succeed in Business Without Really Trying. Dan kalau boleh jujur, awalnya dia merasa enggak nyaman."Aku sama sekali enggak ngerasa nyaman, sedikit pun enggak," kata Dan. "Tapi aku tetap melakukannya karena banyak orang yang percaya sama aku, kalau aku bisa," tambah pemeran Harry Potter ini.

Namanya juga musikal, selain bernyanyi Dan harus bisa dansa. Sebenarnya Dan mengaku dia enggak jago menyanyi. Tapi belajar dansa adalah tantangan besar yang harus dia hadapi untuk perannya kali ini.

"Aku sama sekali enggak bakat dansa. Aku harus banyak belajar agar aku bisa merasa percaya diri ketika berdansa. Pelatihku selalu bilang aku harus selalu tersenyum. Kalau tersenyum orang lain enggak akan peduli walaupun gerakan kakiku salah. Tapi kalau mukaku ketakutan dan serius yah pasti gagal," curhat Dan.

Malah, Dan pernah menyelinap keluar ketika latihan dan tidur di toilet. Saking kecapean dan merasa enggak bisa latihan lagi. Soalnya ketika itu, Dan udah latihan selama dua jam lebih dan waktu latihan tinggal 45 menit lagi. Dan cuma tertidur selama lima menit sih, soalnya dia memasang alarm di hand phone-nya. Tapi ketika bangun, dia ngerasa enggak mau balik lagi ke ruang latihan.

"Aku ngerasa kalau latihan aja aku enggak bisa ngikutin, aku enggak akan bisa tampil dengan baik," pikir Dan ketika itu.

Karakter yang dimainkan Dan adalah seorang cowok bernama J. Pierrepont Finch. Dia adalah petugas kebersihan yang pintar, lucu, tapi suka menipu dan berbohong. Dia ingin sukses sebagai businessman tanpa berusaha, tapi dengan menipu."Aku sama sekali berbeda dengan karakter Pierrepont. Dia sangat pintar menipu orang. Tapi karena dia lucu, walaupun perbuatannya enggak baik, penonton akan menyukai dia. Itulah kelebihan dari penulisan drama yang baik. Buat aku, menyenangkan sekali bisa memainkan karakter yang jauh lebih pintar dari diriku sendiri," cerita Dan.