30 Besar Universitas Dengan Situs Terbaik di Indonesia Untuk 2016

By Natasha Erika, Minggu, 31 Januari 2016 | 17:00 WIB
30 Besar Universitas Dengan Situs Terbaik di Indonesia Untuk 2016 (Natasha Erika)

Girls, di jaman teknologi seperti sekarang, penting banget yang namanya akses secara digital. Termasuk dalam urusan perkuliahan seperti mengatur jadwal perkuliahan, mengunggah tugas kuliah, melihat bahan atau materi ujian dan sebagainya. Nah, Webometrics Ranking of World Universities 2016 belum lama ini merilis peringkat universitas dengan situs terbaik di dunia untuk 2016. Selain itu, Webometrics juga merilis peringkat universitas berdasarkan tiap-tiap negara termasuk Indonesia. Ini dia 30 besar universitas dengan basis situs terbaik di Indonesia untuk 2016.

Universitas Indonesia (UI) menempati peringkat pertama di Indonesia sebagai perguruan tinggi dengan situs terbaik berdasarkan Webometrics Ranking of World Universities 2016. Prestasi ini sekaligus menjadikan UI mengungguli Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) yang masing-masing berada di posisi kedua dan ketiga. Sementara itu, untuk level Asia Tenggara dan dunia, menurut Webometrics, UI meraih tempat ke-13 dan ke-758.

Sementara itu, di urutan keempat dan kelima ada Universitas Diponegoro dan Universitas Riau. Enggak hanya universitas negeri saja, ada pula beberapa universitas swasta yang masuk dalam daftar ini antara lain Universitas Kristen Petra, Universitas Mercu Buana, Universitas Trisakti dan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Webometric Ranking of World Universities adalah sistem perankingan Universitas di dunia berbasis internet. Pemeringkatan dilakukan oleh Cybermetric lab Spanyol dengan menilai lebih dari 21 ribu situs perguruan tinggi di dunia. Sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi situs, mendukung inisiatif Open Access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya. Webometric Ranking of World Universities mempunyai 4 faktor penilaian antara lain:

 merupakan jumlah halaman situs yang terekam pada search engine (Google).

merupakan jumlah link dari situs luar yang diterima oleh domain web perguruan tinggi tersebut yang terekam search engine (Google).