8 Hewan Laut Paling Berbahaya dan Mematikan

By Astri Soeparyono, Minggu, 31 Januari 2016 | 17:00 WIB
8 Hewan Laut Paling Berbahaya dan Mematikan (Astri Soeparyono)

Inilah beberapa hewan laut paling berbahaya yang sebaiknya kita hindari untuk disentuh karena bisa menyebabkan keracunan, bahkan kematian. Kebanyakan penghuni laut merupakan makhluk-makhluk indah nan mengagumkan. Tapi ada beberapa yang sebaiknya kita hindari untuk disentuh karena bisa menyebabkan keracunan, bahkan kematian. Inilah hewan-hewan laut yang paling berbahaya.

(foto: flickr.com)

(Baca juga: 10 Alasan Kenapa Nyamuk Termasuk Serangga Berbahaya)

Ubur-ubur api (Physalia physalis) atau dalam bahasa Inggris disebut Portuguese man o'war merupakan hewan serupa ubur-ubur yang dikenal memiliki sengatan yang melepuhkan, bahkan mematikan. Hewan ini merupakan gabungan dari empat kelompok polip yang terspesialisasi. Ubur-ubur api termasuk dalam suku Physaliidae dengan satu-satunya marga, Physalia. Hanya ada dua jenis (spesies), yaitu P. physalis yang tersebar di perairan hangat dunia dan P. utriculus yang lebih terbatas di perairan Samudera Pasifik dan berukuran lebih kecil. Sengatan P. physalis sangat berbahaya dan meskipun hewan ini terdampar di pantai beberapa hari sengatnya masih kuat untuk melukai.

8 Hewan Laut Paling Berbahaya dan Mematikan

(foto: studyblue.com)

Ubur-ubur sudah lama dikenal sebagai hewan laut yang berbahaya. Hewan yang termasuk dalam kelas Scyphozoa ini memiliki tubuh berbentuk payung berumbai, dapat membuat gatal pada kulit bila tersentuh. Jenis ubur-ubur yang paling berbahaya adalah dari kelompok Cubozoa. Sengatan tentakelnya bisa menimbulkan kematian. Ubur-ubur yang paling mematikan dari kelompok ini adalah ubur-ubur Irukandji, yang ukurannya kecil. Ubur-ubur ini hidup di sekitar pantai Australia.

(Baca juga: Gua Air Misterius Paling Mematikan Di Dunia)

8 Hewan Laut Paling Berbahaya dan Mematikan