4 Alasan Kenapa Vagina Kita Berbulu

By Astri Soeparyono, Senin, 5 Maret 2018 | 11:05 WIB
4 Alasan Kenapa Vagina Kita Berbulu (Astri Soeparyono)

Sejak memasuki usia pubertas, mulai muncul bulu di area ketiak dan vagina. Penasaran kenapa ini terjadi dan apa manfaatnya? Simak 4 alasan kenapa vagina kita berbulu ini, girls.

(Baca juga: 6 Hal Aneh Kita Rasakan Pada Vagina Yang Ternyata Sangat Normal)

Seperti bulu pada hidung yang menyaring debu, bulu pada vagina menyaring dan mencegah bakteri masuk ke dalam vagina. Sehingga, mencukur habis bulu bisa meningkatkan kemungkinan bakteri lebih mudah mencapai vagina. 

Semua bulu yang tumbuh di tubuh kita berfungsi untuk mengatur suhu tubuh. Dengan adanya bulu, pakaian enggak menempel langsung di kulit sehingga memberikan rongga pada kulit untuk bernapas.

(Baca juga: 5 Fakta Tentang Vagina Yang Harus Diketahui Cewek)

Bulu pada vagina juga diciptakan untuk mengurangi gesekan dengan celana dalam atau pakaian apa saja yang kita pakai. Jadi kulit yang sensitif di sekitar vagina enggak mudah iritasi karena gesekan.

Dari sudut pandang sifat alamiah manusia untuk menghasilkan keturunan, tubuh kita menghasilkan hormon pheromones yang menarik perhatian lawan jenis. Dan bulu di tubuh kita, baik di vagina atau di ketiak, membantu menyimpan aroma khas kita yang dihasilkan hormon ini.

Makanya, bulu pada ketiak dan vagina muncul di usia pubertas, menandai usia di mana manusia secara biologis siap untuk menghasilkan keturunan.

(Baca juga: 6 Aturan Penting Mencukur Rambut Vagina)