7 Cara Memaksimalkan Waktu

By Muti Siahaan, Rabu, 27 Januari 2016 | 17:00 WIB
7 Cara Memaksimalkan Waktu (Muti Siahaan)

Mau les, harus bikin pe-er, pengin jalan-jalan, duuuh punya banyak kegiatan tapi waktu 24 serasa enggak cukup. Akibatnya ada aja satu hal yang terlupakan atau enggak sempat kita kerjakan. Tapi sebenarnya ada 7  cara memaksimalkan waktu.

7 Cara Memaksimalkan Waktu

Ketika kita punya banyak rencana dan tugas, kita perlu bikin daftar mana yang harus lebih didahulukan. Ambil secarik kertas tulis semua hal yang harus dikerjakan.

Bikin tiga kolom. Kolom pertama untuk kegiatan yang harus didahulukan atau penting. Kolom dua untuk cukup penting, kolom ketiga tidak penting atau bisa kapan aja. Nah, dari situ kita bisa melihat mana yang harus kita lakukan duluan.

Untuk hal dengan deadline tertentu, kita bisa mulai mencicil sedikit demi sedikit sebelum deadline. Misalnya, proyek bikin buku tahunan untuk dua bulan lagi. Kumpulkan semua bahannya secara perlahan dari sekarang. Begitu juga halnya dengan PR. Kalau ada tiga PR untuk minggu depan, kerjakan dari sekarang. Dengan mencicil pekerjaan, begitu hari H-nya tiba kita enggak panik karena sebagian sudah terselesaikan.

Pernah, enggak, kita janjian sama teman tapi terlambat setengah jam? Kebiasaan terlambat ini membuat waktu yang kita punya jadi maksimal, karena misalnya, kelamaan saling menunggu. Dan ini akan berpengaruh pada janjian atau aktivitas berikutnya. Jadi sebaiknya kalau janji datang jam dua, tepat datang pada jam segitu.

7 Cara Memaksimalkan Waktu

Jadi cewek aktif itu penting, tapi kita tetap harus mengukur kemampuan diri. Ikutan ekskul cheerleader, ekskul teater, ikutan panitia acara sekolah dan bikin garage sale jelas bikin kita kelabakan. Kalau kebanyakan kegiatan, kita malah jadi enggak konsentrasi. Hasilnya jadi setengah-setengah. Mending sedikit, tapi kerjaan kita beres dan sukses.