6 Fakta Soal Virus Zika yang Harus Kita Tahu

By Astri Soeparyono, Rabu, 27 Januari 2016 | 17:00 WIB
6 Fakta Soal Virus Zika yang Harus Kita Tahu (Astri Soeparyono)

Lagi banyak orang yang ngomongin virus Zika, girls? Menurut Staf Pengajar Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. Ari F. Syam Sp.Pd, kita memang harus waspada sama virus yang satu ini. Seperti penjelasannya yang dirilis di health.kompas.com, virus ini mungkin berjangkit di Indonesia khususnya di musim hujan. Ini dia 6 fakta soal virus zika yang harus kita tahu!

(foto: pixabay.com)

(Baca juga: Tetap Sehat di Cuaca Buruk, Yuk!)

Pertama kali diisolasi tahun 1948 dari monyet di Hutan Zika Uganda, jadi sepertinya Zika sendiri merupakan nama hutan tempat dimana virus ini berhasil diisolasi. Selanjutnya beberapa negara Afrika, Asia khususnya Asia tenggara,  Mikronesia, Amerika Latin, Karibia melaporkan  penemuan virus Zika ini.

Apakah virus Zika ini sudah ada di Indonesia? Tahun lalu 2015, lembaga Eijkman Jakarta telah berhasil mengisolasi virus Zika ini di Indonesia. Bahkan dari hasil penulusuran saya di kepustakaan ternyata pada tahun 1981, peneliti Australia telah melaporkan pasien penderita virus Zika setelah bepergian ke Indonesia.

Laporan-laporan tentang penularan kasus ini dari Indonesia terus berlanjut, pada tahun 2013, peneliti Australia juga melaporkan kembali penemuan satu kasus infeksi virus Zika pada seseorang warga negara Australia setelah melakukan  perjalanan selama 9 hari ke Jakarta.  Penemuan kasus tersebut dipublikasi pada American Journal Tropical Medicine and Hygiene.

Dari laporan beberapa kasus terdahulu dan adanya penemuan virus ini  tahun lalu oleh lembaga Eijkman, jelas bahwa virus Zika juga sudah ada di Indonesia. Memang virus Zika ini dapat  terjangkit di musim hujan seperti saat ini.

(Baca juga: 3 Alasan Enggak Memakai Celana Jeans di Musim Hujan)

Penularannya virus ini sama seperti virus demam berdarah  yaitu oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang menjadi pembawa virus Dengue yang menyebabkan penyakit demam berdarah Dengue. Infeksi demam berdarah Dengue sendiri saat ini jumlah kasusnya meningkat di Indonesia yang memang sering terjadi pada musim hujan.