4 Tips Menghindari Jerawat Ketika Menstruasi

By Astri Soeparyono, Kamis, 24 September 2015 | 17:00 WIB
4 Tips Menghindari Jerawat Ketika Menstruasi (Astri Soeparyono)

Ketika masa menstruasi, enggak cuma mood dan stamina yang berubah drastis. Ternyata kondisi kulit pun ikut berubah. Kondisi kulit, khususnya wajah biasanya akan jadi lebih berminyak sehingga mudah jerawatan. Ini dipengaruhi oleh peningkatan hormon dalam tubuh yang membuat produksi kelenjar sebum jadi meningkat. Tapi tenang, ada 4 tips menghindari jerawat ketika menstruasi, nih.

(Baca juga: 4 Letak Jerawat di Wajah Ternyata Punya Penyebab Berbeda)

Untuk menjaga kulit tetap bersih, kita harus menjaga kondisi kelembaban dan hidrasi tubuh dengan cara yang tepat, khususnya di minggu pertama menstruasi. Di minggu pertama inilah kulit tubuh mulai berubah. Dan cara terbaik untuk menghidrasi kulit adalah dengan minum banyak air putih.

(Baca juga: 5 Cara Melembabkan Kulit dari Dalam Tubuh)

Perawatan wajah yang tepat selama periode ini adalah dengan menggunakan masker buah-buahan. Ada banyak macam jenis masker kulit yang bisa dipilih. Masker ketimun sepertinya jadi pilihan yang tepat untuk membuat kulit jadi halus dan segar. Masker buah ini akan membuat kulit jadi lebih "dingin" dan menyegarkannya.

(Baca juga: Cara Alami Hilangkan Jerawat dengan MaskerApel dan Madu)

Selama menstruasi, kondisi kulit jadi lebih sensitif dan rumit dibanding hari biasanya. Oleh karena itu hindari perawatan yang bisa menyebabkan pengelupasan kulit (exfoliating). Exfoliating selama menstruasi akan membuat kulit jadi rusak dan mungkin saja tergores serta sobek. Selama menstruasi, lakukan saja perawatan yang lembut dan juga ringan di kulit.

(Baca juga: 8 Mitos Tentang Jerawat Yang Harus Kita Lupakan!)