Benarkah Mencukur Bulu Malah Membuatnya Semakin Lebat?

By Astri Soeparyono, Senin, 21 September 2015 | 17:00 WIB
Benarkah Mencukur Bulu Malah Membuatnya Semakin Lebat? (Astri Soeparyono)

Benarkah mencukur bulu malah membuatnya semakin lebat? Bukan cuma pertanyaan ini, ada beberapa mitos seputar cukur bulu yang sering kita dengar. Simak jawaban atas beberapa mitos seputar mencukur bulu di tubuh kita.

(Baca juga: Tips Menghilangkan Bulu Berlebih Pada Tubuh Secara Alami)

Fakta: "Apabila mencukur bulu akan membuatnya tumbuh lebih tepat, apa seharusnya para cowok yang botak memiliki langkah preventif dan sering-sering mencukur rambut mereka? Ini hanya persepsi. Mencukur bulu dan rambut akan membuat ujung rambut menjadi tumpul. Ini yang akan membuat rambut terlihat tebal, padahal enggak juga," jelas Michael Dubin, CEO dan pendiri Dollar Shave Club.

Fakta: "Cukur yang sempurna akan didapat ketika pisau cukur dan meluncur dengan mulus pada kulit. Ini juga dipengaruhi oleh rutinitas perawatan kulit Kita, penggunaan krim cukur, dan sebagainya. Tapi yang terpenting adalah pisau cukur harus bersih. Pisau yang tumpul akan membuat bulu terpotong dengan enggak sesuai yang bisa menimbulkan kemerahan pada kulit. Kalau kita sering mencukur, ada baiknya pisau diganti seminggu sekali," jelas Dubin.

(Baca juga: Cara Mencukur Bulu Kaki Yang Baik)

Fakta: "Salah satu cara untuk memastikan mencukur dilakukan dengan baik adalah membersihkan kulit sebelumnya. Ini akan menghilangkan sel kulit mati dan kotoran yang menghambat pori-pori. Kondisi ini dapat menyebabkan bulu tumbuh lebih dalam dan bukan karena penekanan yang kita aplikasikan. Pastikan juga untuk mengaplikasikan pelembab setelah mencukur," tutur Dubin.

Fakta: "Hindarilah cara ini. Sabun baik untuk menghilangkan kotoran dan minyak tapi enggak memberikan bantuan apa-apa bagi pisau cukur untuk meluncur sempurna pada kulit. Pastikan untuk mengaplikasikan lubrikasi khusus untuk bercukur," imbuh Dubin.