5 Rahasia agar Rambut Lebih Cepat Panjang

By Astri Soeparyono, Senin, 14 September 2015 | 17:00 WIB
5 Rahasia agar Rambut Lebih Cepat Panjang (Astri Soeparyono)

Beberapa pakar penataaan rambut profesional memberikan kiat-kiat untuk memanjangkan rambut dengan waktu cukup singkat tanpa memerlukan langkah yang sulit dan mahal. Berikut 5 rahasia agar rambut lebih cepat panjang.

(Baca juga: 7 Cara Alami Agar Rambut Cepat Panjang)

Kedengarannya mungkin aneh, tapi memotong rambut secara rutin untuk merapikannya ternyata diyakini membuat rambut cepat tumbuh panjang. Menurut pakar penataan rambut selebriti Michael Dueñas, memotong rambut sebenarnya enggak sepenuhnya membuat rambut lekas panjang, tapi akan menghilangkan bagian rambut yang sulit diatur dan menyebabkan rambut menjadi rapuh.

"Menghilangkan bagian rambut yang rusak akan memberikan tampilan bahwa rambut kita cepat panjang. Lagipula, bagian rambut yang rusak dapat membuat rambut sulit panjang dan kehilangan kilau, volume, dan kehalusannya," papar Dueñas.

(Baca juga: 6 Alasan Harus Memotong Rambut)

Pakar penataan rambut selebriti, Chaz Dean, menjelaskan kalau rambut ibarat sebuah pohon. Jadi, kalau tanah dan akarnya enggak dijaga dengan baik, maka pohon enggak akan tumbuh tinggi dan kuat.

"Ketika kita membersihkan dan merawat kulit kepala dengan bahan-bahan yang menyehatkan, maka rambut pun akan kuat dan memukau. Rambut yang sehat harus memiliki ketebalan yang sama dari akar hingga ujung rambutnya. Kalau ujungnya lebih tipis, mulailah ritual perawatan rambut secara intensif," ungkap Dean.

(Baca juga: Kebiasaan Buruk Penyebab Rambut Jadi Tipis)

Rambut yang panjang dan sehat enggak hanya bergantung pada produk perawatan yang diaplikasikan rambut, tapi juga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. "Untuk memiliki rambut yang cepat tumbuh, kita juga harus 'memberi makanan' untuk rambut dari dalam," jelas Dr Francesca Fusco, dermatolog serta pakar rambut dan kulit kepala.