5 Kebiasaan Buruk Remaja Yang Merusak Kulit Wajah

By Astri Soeparyono, Kamis, 30 Juli 2015 | 17:00 WIB
5 Kebiasaan Buruk Remaja Yang Merusak Kulit Wajah (Astri Soeparyono)

Pengen punya kulit wajah yang bersih, sehat, dan cerah? Kalau kita masih melakukan 5 kebiasaan buruk remaja yang merusak kulit wajah ini, kayaknya bakal susah, deh, girls.

(Baca juga: Kesalahan Fatal Ketika Mencuci Muka)

Sering malas cuci muka karena merasa kulit muka kita enggak sekotor itu? Setelah beraktivitas seharian apa lagi di luar ruangan, kulit muka akan terpapar debu dan menghasilkan minyak. Membiarkan muka kotor apalagi sampai tertidur bisa menyebabkan munculnya jerawat di wajah.

Ada masanya kita ingin mencoba berbagai makeup yang lagi nge-tren. Mencoba makeup memang enggak masalah, asal kita memakainya secukupnya. Pastikan kita enggak alergi sama makeup tersebut, enggak terlalu tebal memakainya, dan selalu menghapusnya dengan pembersih makeup secara menyeluruh. Kadang, remaja kayak kita suka senang memakainya tapi kurang teliti dalam membersihkannya

Kenapa kita enggak boleh terlalu sering makan junk food? Makanan siap saji ini mengandung banyak lemak dan karbohidrat. Ketika memakannya tubuh kita akan menghasilkan lebih banyak gula darah yang akan meningkatkan insulin. Nah, insulin ini akan meningkatkan hormon untuk memproduksi minyak yang akhirnya bisa menyebabkan jerawat di wajah.

(Baca juga: 4 Jenis Makanan Penyebab Jerawat)

Tergoda punya kulit putih kemerahan lalu memakai obat pemutih yang beredar di pasaran? Hati-hati, girls. Bisa jadi enggak aman. Kulit wajah kemerahan enggak selamanya sehat.

Malah, kalau kulit kita menjadi kemerahan setelah menggunakan produk perawatan kulit, ini akan menyebabkan perubahan rona kulit. Kondisi ini disebut dengan Post-inflammatory Hyperpigmentation (PIH) dan akan terjadi kalau formulasinya terlalu keras atau kita mengaplikasikannya lebih sering dari yang disarankan.