Cara Membedakan Gejala PMS dan Kehamilan

By Marti, Senin, 8 Desember 2014 | 17:00 WIB
Cara Membedakan Gejala PMS dan Kehamilan (Marti)

Kalau ada yang mengatakan bahwa tanda-tanda kehamilan itu hampir sama tandanya seperti ketika kita mengalami PMS, itu benar adanya. Maka itu jadi penting bagi kita untuk bisa membedakan apa saja ciri-ciri PMS dan kehamilan. Jangan sampai kita enggak tahu cara membedakannya, lho.

Kita pasti sudah akrab dengan symptom yang satu ini kalau menjelang masa-masa menstruasi. Ternyata rasa sakit di bagian payudara juga bisa dirasakan ketika seorang perempuan sedang hamil di awal-awal. Perbedaannya adalah kalau sakit di bagian payudara karena PMS, sakitnya hanya sementara. Tapi kalau karena hamil, sakit di bagian payudara bisa sampai berminggu-minggu. Hal ini disebabkan oleh hormone progesterone yang terus meningkat.

Cara Membedakan Gejala PMS dan Kehamilan

Baca juga: Kenali Bentuk-bentuk Payudara

Banyak perempuan yang menyangka kalau ada bercak di bagian celana dalam mereka adalah sekedar tanda menstruasi saja. Padahal itu juga bisa menjadi salah satu tanda kehamilan. Bedanya, kalau itu sekedar tanda menstruasi, bercak itu akan dilanjutkan dengan keluarnya cairan menstruasi (darah) yang lebih banyak. Tapi kalau hamil, biasanya bercak itu hanya keluar untuk beberapa hari saja.

Cara Membedakan Gejala PMS dan Kehamilan

Sama seperti ketika perempuan sedang PMS, rasa kram di perut pasti juga dirasakan ketika hamil. Bedanya adalah lamanya rasa kram perut tersebut. Kalau disebabkan oleh PMS, kram perut hanya berlangsung sebentar. Namun kalau disebabkan oleh kehamilan, rasa kram bisa lebih lama, antara beberapa minggu bahkan beberapa bulan.