Hasil Penelitian: Musik Bisa Bikin Bahagia

By , Kamis, 16 Oktober 2014 | 16:00 WIB
Hasil Penelitian: Musik Bisa Bikin Bahagia (cewekbanget)

Musik memang memegang peranan penting dalam hidup kita. Menurut beberapa penelitian, musik bisa mempengaruhi kebahagiaan kita, lho. Simak yuk, hasil penelitian yang bilang kalau music bisa bikin bahagia.

Ketika kita mendengarkan musik, alunan nada yang masuk ke dalam telinga akan diproses oleh Cerebrum, yaitu bagian otak yang mempengaruhi emosi. terlebih jika kita mendengarkan musik yang benar-benar kita sukai. Soalnya, aktivitas otak ketika mendengarkan musik sama dengan aktivitas otak ketika kita merasakan emosi yang menyenanglan.

Hasil Penelitian: Musik Bisa Bikin Bahagia

Ternyata, hubungan antara otak dan musik ini sudah terjadi sejak saat kita masih bayi, girls. Tepatnya sejak kita berumur lima bulan. Seiring pertambahan usia, pengaruh musik terhadap pola kerja otak bertambah banyak.

Menurut Valorie Salimpoor, seorang neuroscientist dari McGill University, Montreal, Kanada, musik dapat menstimulasi bagian otak yang memunculkan rasa bahagia. Jika kita mengikuti alunan musik dan memikirkan irama atau nada apa yang akan didengarkan setelahnya akan membuat kita jadi lebih semangat. "Hal itu sama seperti saat kita menunggu-nunggu sebuah tantangan ketika melakukan sesuatu yang menyenangkan. Hasilnya, kita akan merasa lebih senang," jelasnya.

Penelitian yang dilakukan oleh McGill University ini menunjukkan bahwa musik yang tepat bisa memicu timbulnya hormon endorfin, yaitu hormon yang menimbulkan perasaan lega dan bahagia. Lebih jauh lagi, perasaan bahagia yang timbul akibat mendengarkan musik ini bisa memotivasi kita untuk melakukan sesuatu yang disukai sehingga akan membuat kita tambah bahagia lagi.

Hasil Penelitian: Musik Bisa Bikin Bahagia

Sebenarnya, hampir semua jenis musik bisa membuat kita merasa bahagia. Tapi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kita merasa lebih bahagia saat mendengarkan musik.

Pilih musik yang benar-benar disukai. Ketika mendengarkan musik yang sangat disukai, emosi kita akan lebih terangsang sehingga bisa menimbulkan perasaan bahagia.

Musik atau lagu yang membuat otak mengingat kembali kenangan bahagia yang pernah dirasakan dulu. Enggak ada salahnya membuat playlist berisi lagu-lagu terkait momen bahagia dalam hidup kita sehingga ketika nanti merasa sedih, kita bisa mendengarkan playlist ini lagi.