6 Cara Enggak Terkena Alergi Make-up

By , Selasa, 9 September 2014 | 16:00 WIB
6 Cara Enggak Terkena Alergi Make-up (cewekbanget)

Memakai make up bisa membuat wajah kita jadi makin cantik. Tapi hati-hati, kulit tiap orang itu berbeda-beda dan baru menggunakan sedikit make-up saja udah gatal-gatal. Ini artinya kulit kita terkena alergi make up. Lakukan cara-cara kalau kulit kita termasuk jenis sensitif agar enggak terkena alergi make-up.

Ciri-ciri kulit terkena alergi make-up  paling gampang adalah kulit yang merah-merah, kering, membengkak dan gatal. Bisa ini terjadi pada satu bagian kecil dari wajah atau menyebar merata ke seluruh wajah. Alergi bisa terjadi pada dua kondisi. Pertama, kontak langsung. Artinya begitu kita menggunakan make-up tersebut, kulit langsung bereaksi dan jad alergi. Sebagian besar orang yang alergi biasanya ada pada kondisi ini. Kedua, alergi pada salah satu bahan yang dikandung dari make-up itu. Biasanya alergi ini efeknya lebih menyakitkan dan lebih lama sembuh.

Kalau kulit kita sensitif, kita perlu melakukan test alergi sebelum membeli dan menggunakan make-up tertentu. Oleskan make-up ada siku dan tunggu reaksinya beberapa saat. Kalau kulit berubah jadi merah dan gatal-gatal artinya kita enggak cocok dengan make up itu.  Kita bisa mencari produk-produk yang mineral base dan khusus untuk hypoallergic. Label seperti allergy-tested, dermatologist-tested, nonirritating bisa juga jadi panduaan saat membeli make-up.

Sebelum menggunakan make up, pastikan tangan dicuci bersih. Kita enggak tahu kan kotoran dan bakteri apa yang sempat mampir di tangan kita.

Kondisi kulit tiap orang berbeda-beda. Buat yang punya kulit sensitif sebaiknya jangan pernah meminjam make-up dari orang lain atau pun meminjamkan make-up kita pada teman. Karena berbagi kosmetik berarti berbagi bakteri juga.

Seperti juga makanan, make-up punya tanggal kadaluarsanya. Begitu botol kemasan dibuka, mikroorganisme yang ada di udara tanpa sengaja bisa ikut masuk dan ini yang bisa merusak kualitas make up sehingga menyebabkan kulit alergi. Waspadai penggunaan make-up yang sudah lama,ya. Kalau kita bukan tipe orang yang setiap hari menggunakan make-up, sebaiknya kita membeli dalam ukuran kecil aja.