Hal Yang Bikin Serangan Panik Atau Panic Attack Terjadi

By Marti, Sabtu, 23 Agustus 2014 | 16:00 WIB
Hal Yang Bikin Serangan Panik Atau Panic Attack Terjadi (Marti)

Ada beberapa hal yang bikin serangan panik atau panic attack terjadi. Hal ini enggak hanya memicu ciri atau tanda serangan panik, tapi juga bisa memperburuk keadaan kita kalau enggak bisa menanganinya dengan baik. Supaya lebih aware dengan masalah ini, kenali yuk hal yang bikin serangan panik atau panic attack terjadi.

Alasan terjadinya serangan panik, bisa bermacam-macam. Biasanya dilatarbelakangi trauma atau rasa takut yang mendalam. Misalnya, saking gugup harus pidato di depan banyak orang kita mengalami serangan panik, padahal sebelumnya belum pernah terjadi. Situasi ini bisa juga dipicu akibat stress, perasaan berlebihan dan anxiety atau terlalu khawatir.

Baca juga: Mengenali Dan Waspada Sindrom Serangan Panik Atau Panic Attack Yang Melewati Batas Normal

Banyak orang yang mengalami masalah ini dalam hidup mereka, Gejala serangan panik yang dikatakan ringan, bisa menjadi masalah panic disorder yang membahayakan. Saat kita stress atau melalui situasi yang sangat tegang, kita merasa terancam. Karena ini tubuh kita merespon dengan mengaktifkan sistem saraf simpatik kayak adrenalin dan kortisol. Hormon ini mempersiapkan tubuh kita buat keadaan darurat. Yaitu, detak jantung kita semakin cepat, otot kita mengencang dan tekanan darah kita menjadi tinggi.

Respon ini dikenal dalam dunia medis buat melawan respon rasa takut berlebihan. Makanya, saat kita panik kita biasanya bernafas pendek atau sesak nafas. Soalnya, otak kita mendadak kekurangan oksigen yang memblokir kita berpikir rasional atau menggunakan kemampuan menyelesaikan masalah.

Baca juga: Mengenali Ciri-Ciri Anxiety Dan Cara Menghadapinya

Pertama kali saat kita merasakan serangan panik jangan melakukan sesuatu yang bisa menambah rasa panik. Kalau kita salah melakukan sesuatu saat terjadi serangan panik, bisa menjadi masalah besar kalau serangan panik yang terjadi memicu serangan psikologi lain.