Kenapa Cewek Suka Menangis Tanpa Sebab?

By , Selasa, 19 Agustus 2014 | 16:00 WIB
Kenapa Cewek Suka Menangis Tanpa Sebab? (cewekbanget)

Cewek adalah makhluk dengan perasaan yang sangat peka. Apalagi kalau berkaitan dengan hal-hal yang membangkitkan empati dan kesedihan. Tapi, kadang cewek suka menangis tanpa sebab. Kenapa ya?

(Baca juga: Fakta Kehebatan Cewek Dalam Penelitian Ilmiah)

Menurut penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti syaraf, William H. Frey II, PhD., mengatakan bahwa dalam sebulan cewek dewasa lebih kurang menangis sebanyak 5,3 kali, jauh berbeda dibandingkan cowok yang hanya 1,4 kali.

Tapi, enggak semua tangisan wanita mengandung makna. Sebab, enggak jarang cewek yang mendadak bersedih lalu meneteskan airmata tanpa sebab akibat yang jelas.

(Baca juga: Cewek Lebih Boros Ketika Patah Hati)

Ternyata, tangisan tanpa alasan ini dikarenakan oleh sebuah hormon bernama prolactin. Dalam tubuh wanita, hormon ini berfungsi mengatur produksi kelenjar airmata yang terus meningkat semenjak cewek menginjak usia 18 tahun. Dibandingkan cowok, kadar hormon ini lebih tinggi pada cewek. 

Menurut William, kala prolactin sedang tinggi, umumnya cewek enggak mau ditanya-tanya. Sebab, saat itu mereka juga sedang berjuang untuk mencari tahu apa penyebab kesedihan yang mereka rasakan.

Makanya kalau, teman, kakak cewek, atau mama kita tiba-tiba menangis, jangan langsung banyak tanya. Biarkan kesedihan mereda dengan cara mereka sendiri, atau lebih baik kita diam saja.

(Baca juga: Cewek Hobi Main Internet Susah Dapat Pacar)