Waspada Perilaku Pelecehan Seksual Saat Berada Di Jalan Umum

By Marti, Senin, 21 Juli 2014 | 16:00 WIB
Waspada Perilaku Pelecehan Seksual Saat Berada Di Jalan Umum (Marti)

Girls, kita harus waspada dengan perilaku pelecehan seksual saat berada di jalan umum. Pelecehan seksual bisa terjadi dimana saja seperti jalan raya, tempat umum dan transportasi publik. Dengan mengenali dan waspada perilaku pelecehan seksual saat berada di jalan umum, kita bisa ikut melindungi diri dan bersikap seharusnya. Seperti apa ya waspada perilaku pelecehan seksual saat berada di jalan umum?

Bentuk pelecehan seksual ringan maupun berat bisa kita kategorikan dalam bentuk banyak hal. Beberapa tindakan pelecehan seksual yang biasa terjadi seperti komentar pakaian kita, cara seorang cowok melihat kita, pujian yang sifatnya menyerang dan yang terburuk pelecehan yang diikuti sentuhan fisik. Pelecehan seksual bisa juga terjadi di dunia maya. Misalnya saat chatting dengan seseorang percakapan atau paksaan yang menjurus seksual. Apapun bentuk seseorang melakukan pelecehan seksual kepada kita adalah salah. Dan kita harus berani menegur atau minta pertolongan apabila sudah di luar batas.

Baca juga: 6 Cara Aman Bermain Dengan Internet

Jangan keburu geer tiap kali mendengar pujian orang asing terhadap kita. Pujian bisa menjadi pelecehan seksual kalau kita enggak mengenalnya dengan baik. Misalnya ada orang asing yang melihat kita dengan teliti atau pandangan nafsu sambil memuji "kamu cantik," jangan tanggapi dan segera menjauh. Organisasi Cards Against Harassment, yang bergerak untuk melawan tindakan perilaku pelecehan seksual menjelaskan, mungkin bagi kita pujian senyum kita manis atau penampilan kita keren bukan masalah besar, padahal ini masalah yang harus diwaspadai yang bisa memicu kejahatan lebih besar!

Baca juga: Hal Yang Harus Dilakukan Saat Kita Menjadi Korban Pelecehan Seksual

Alasan seseorang menyerang atau melakukan pelecehan seksual, terbagi menjadi beberapa hal. Bisa karena mereka iseng, terpengaruh dengan bentuk fisik kita atau masalah psikologis. Saat melihat sesuatu yang membuat mereka terangsang, orang-orang ini enggak segan melakukan pelecehan seksual walau pada hal paling kecil sekalipun seperti komentar dan pujian.