Mengenali Tanda Dan Ciri Menstruasi Pertama

By Marti, Jumat, 13 Juni 2014 | 16:00 WIB
Mengenali Tanda Dan Ciri Menstruasi Pertama (Marti)

Sedang menunggu masa menstruasi atau haid pertama? Kenali yuk tanda menstruasi pertama kita! Untuk yang merasa khawatir atau memiliki banyak pertanyaan soal menstruasi, jangan terlalu khawatir. Cek ulasan mengenali tanda saat menstruasi pertama kita datang.

Menstruasi pertama pada setiap cewek sangat berbeda. Ada yang mendapatkannya di usia 8 tahun, ada juga yang baru mendapatkannya di usia 17 tahun. Umumnya, cewek mendapatkan haid pertama mereka saat berusia 12 atau 13 tahun. Usia lebih muda atau kalau kita terlambat mendapatkan haid bukan berarti kita enggak normal. Jadi enggak perlu kecil hati kalau belum ada tanda-tanda haid pertama kita.

Hasil penelitian membuktikan bahwa adanya hubungan genetik yang dapat mempengaruhi haid pertama mereka. Kalau ibu kita mendapatkannya di usia 15 tahun, kemungkinan kita akan mendapatkannya enggak jauh dari usia itu.

Tanda haid pertama bisa kita kenali dengan mudah. Pertama, payudara kita mulai tumbuh. Dan bulu pada bagian kemaluan dan ketiak kita juga muncul. Beberapa hari sebelum haid bisa diikuti dengan keluarnya cairan keputihan bening atau flek coklat dari miss v kita. Dan ini masih normal. Saat terjadi haid biasanya payudara kita lebih sensitif dan sakit bila terbentur. Kita juga mengalami kram dan tubuh kita pegal-pegal.

Sama seperti waktu kapan haid pertama datang, masa haid tiap cewek berbeda-beda. Ada yang hanya melaluinya 3 hari, tapi ada juga yang mengalami haid selama 7 atau